KPU Intan Jaya Lantik PPD dan PPS | Pasific Pos.com

| 18 November, 2018 |

KPU Intan Jaya Lantik PPD dan PPS

Papua Tengah Written by  Kamis, 18 Oktober 2018 08:18 font size decrease font size increase font size 0
Rate this item
(0 votes)

NABIRE – KPU Kabupaten Intan Jaya, Rabu (17/10), melantik anggota Panitia Pemilihan Distrik (PPD) dan Panitia Pemungutan Suara (PPS) pada Pemilu tahun 2019.

Pelantikan yang digelar di Aula Maranatha selain dihadiri oleh komisioner KPU Intan Jaya, juga dihadiri oleh Bawaslu Intan Jaya. Anggota PPD yang dilantik untuk 8 distrik di wilayah Kabupaten Intan Jaya ini sebanyak 24 orang. Dimana masing-masing distrik diisi 3 anggota PPD.

Sementara untuk PPS yang dilantik diwakili oleh PPS perwakilan Dapil 1, PPS perwakilan Dapil II, dan PPS perwakilan Dapil III.

Dalam sambutannya, Ketua KPU Intan Jaya, Septinus Tipagau, SS.IP, M.Si, menyampaikan permohonan maaf atas keterlambatan pelantikan PPD dan PPS ini. Keterlambatan pelantikan ini, kata dia, dikarenakan satu dan lain hal. PPD yang akan dilantik saat ini baru sebanyak 3 orang untuk masing-masing distrik.

Lebih lanjut dikatkaan Septianus, ada kondisi yang membingungkan pihaknya terkait dengan PPD ini. Pada awalnya, KPU pusat menyatakan bahwa seleksi PPD hanya akan diisi oleh 3 orang. Menanggapi perubahan jumlah anggota PPD menjadi hanya 3 orang ini, ditanggapi Bawaslu dan KPU daerah dengan melakukan gugatan ke Mahkamah Konstitusi (MK). Hasilnya, gugatan tersebut dimenangkan di MK, dan jumlah anggota PPD dikembalikan menjadi 5 orang pada masing-masing distrik.

“KPU pusat juga memerintahkan untuk hanya melantik 3 orang PPD dulu, karena penganggaran dari APBN belum masuk ke rekening KPU RI. Walaupun sudah ada putusan dari MK dimana jumlah PPD sebanyak 5 orang per distrik, namun belum bisa dilantik semuanya,” ujar dia.

Lanjutnya, KPU RI butuh waktu untuk menyampaikan ke pemerintah untuk dianggarkan dan untuk selanjutnya 2 anggota PPD bisa dilantik. Dirinya memperkirakan pelantikan terhadap 2 orang anggota PPD lainnya akan dilakukan pada bulan November mendatang.

“Nanti SK PPD dan PPS besok lusa bisa diambil melalui staf di Kantor KPU Intan Jaya. Soal honor PPD dan PPS nanti mohon sabar akhir bulan ini atau awal bulan depan sudah bisa ada pembayaran honor PPD dan PPS. Setelah dilantik yang 3 orang anggota PPD, silahkan rapat untuk menentukan siapa ketuanya untuk disampaikan ke komisioner untuk diterbitkan SK,” ujarnya. (ros)

Read 59 times

Leave a comment

Make sure you enter all the required information, indicated by an asterisk (*). HTML code is not allowed.