Dinkes Kota Ajak Masyarakat Minum Obat Kaki Gajah | Pasific Pos.com

| 20 January, 2020 |

Kepala Dinas Kesehatan Kota, dr. Ni Nyoman Sri Antari (kiri). Kepala Dinas Kesehatan Kota, dr. Ni Nyoman Sri Antari (kiri).

Dinkes Kota Ajak Masyarakat Minum Obat Kaki Gajah

Pendidikan & Kesehatan Penulis  Kamis, 18 Oktober 2018 05:24 0
Beri rating artikel ini
(0 voting)

JAYAPURA - Guna mencegah terjadinya penyakit kaki gajah atau filariasis, Dinas Kesehatan Kota mengajak masyarakat untuk minum obat.

"Mudah sekali, tinggal minum saja satu kali dalam setahun. Berturut-turut sampai lima tahun ke depan. Pemerintah sudah menyiapkan secara gratis. Sayang kalai tidak diminum," ujar Kepala Dinas Kesehatan Kota, dr. Ni Nyoman Sri Antari di kantor Wali Kota, Rabu (17/10/18).

Ni Nyoman mengungkapkan, penyakit kaki gajah merupakan harga diri seseorang karena bila ketahuan menimbulkan rasa malu.

"Saya berharap partisipasi masyarakat lebih banyak minum obat karena menyangkut harga diri. Caranha dengan mendatangi Puskesmas," kata Ni Nyoman.

Ke depan, Dinkes setempat berusaha dengan menyediakan posko-posko pelayanan bagi masyarakat yang menderita penyakit kaki gajah sehingga masyarakat lebih mudah mendapatkan.

Berdasarkan data Dinkes setempat pada 2017, ada 20 kasus penyakit kaki gajah yang ditemukan di lima distrik di wilayah setempat, dan itu sudah diobati.

Distrik Jayapura Utara ada tujuh kasus, Distrik Jayapura Selatan tujuh kasus, Distrik Muara Tami ada tiga kasus, dan sisanya di Distrik heram dan Distrik Abepura.

"Kami berharap 2018 sudah tidak ada lagi karena itu gampang dihilangkan asal rutin minum obat. Kami juga mengharapkan adanya peran Kelurahan, Kampung Distrik untuk sama-sama menggalakkan agar masyarakat mau minum obat," kata Ni Nyoman.

Dibaca 313 kali

Tinggalkan Komentar

Yang bertanda bintang (*) wajib diisi. Kode HTML tidak diijinkan.

Trending Topik