Para Petinggi Pantau PSU Deiyai | Pasific Pos.com

| 18 November, 2018 |

Para Petinggi Pantau PSU Deiyai

Papua Tengah Written by  Rabu, 17 Oktober 2018 11:06 font size decrease font size increase font size 0
Rate this item
(0 votes)

DEIYAI – Pelaksanaan Pemungutan Suara Ulang (PSU) di dua distrik di Kabupaten Deiyai, dikabarkan telah berjalan dengan aman dan lancar, Selasa (16/10) kemarin. Pelaksanaan PSU Deiyai ini juga turut dipantau langsung oleh para petinggi, diantaranya Kapolda Papua, Irjen Pol Drs. Martuani Sormin, M.Si dan Pangdam XVII Cenderawasih, Mayjen TNI Yosua P. Sembiring, anggota KPU RI bersama beberapa pejabat utama dari Kodam dan Polda Papua.

Dengan menggunakan helikopter, Kapolda Papua, Pangdam dan rombongan dari Kabupaten Nabire menuju Kabupaten Deiyai yang disambut oleh Forkopimda Kabupaten Deiyai dan para tokoh masyarakat Kabupaten Deiyai.

Selanjutnya Kapolda, Pangdam dan rombonga dengan menggunakan helikopter milik Polri mengecek langusung lokasi-lokasi yang melaksanakan PSU yaitu di Distrik Kapiraya dan Desa Diyai Distrik Tigi Barat Kabupaten Deiyai.

Personel gabungan yang terlibat pada pelaksanaan PSU sebanyak 555 personil yang ditempat di 2 distrik yaitu Distrik Kapiraya dan Distrik Tigi Barat Kabupaten Deiyai.

Hambatan yang dihadapi pada pelaksanaan PSU ini yaitu masalah transportasi yang satu-satunya adalah dengan menggunakan helikopter.

Kabid Humas Polda Papua, Kombes Pol Drs. Ahmad Musthofa Kamal, SH mengatakan, situasi pada saat pelaksanaan PSU di 2 distrik tersebut berjalan aman dan kondusif. Pihaknya menghimbau kepada yang menang untuk dapat merangkul yang kalah untuk bersama-sama mendukung pembangunan di Kabupaten Deiyai dan yang kalah harus menerima kekalahan ini dengan lapang dada dan tidak melakukan hal-hal yang dapat mengganggu keamanan dan ketertiban khususnya di Kabupaten Deiyai.

Personel yang dilibatkan pada pelaksanaan ini akan melakukan pengamanan sampai dengan pleno penetapan ditingkat MK.

Sampai sore hari ini pendistribusian logistik setelah pelaksanaan pemungutan suara ulang di 12 TPS yang berada di 2 Desa tersebut sudah dalam perjalanan dari desa menuju Distrik Kapiraya dan Distrik Tigi Barat untuk selanjutnya besok dari distrik akan didistribusikan ke KPU Kabupaten Deiyai.


Paslon Urut 1 Unggul Sementara


Pelaksanaan Pemungulan Suara Ulang (PSU) Pemilihan Kepala Daerah (Pemilukada) Kabupaten Deiyai untuk 12 Tempat Pemungutan Suara (TPS) dari satu distrik dan kampung/desa, masing-masing Distrik Kapiraya dan Diyai, telah dilaksanakan Selasa, 16 Oktober 2018.

Data dan informasi yang diterima media ini hingga petang kemarin menyebutkan, PSU untuk 12 TPS tersebut telah dilaksanakan dengan hasil perolehan suara sementara. Sekali lagi hasil sementara, alias belum final (karena belum ada pleno KPU Deiyai) serta masih memungkinkan dapat berubah, Pasangan Calon (Paslon) Bupati dan Wakil Bupati Deiyai periode 2018 – 2023 nomor urut 1 unggul dengan perolehan suara 3.825 suara.

Sedang Paslon Bupati dan Wakil Bupati Kabupaten Deiyai lainnya, masih sesuai data dan informasi yang diterima media ini (belum final) kandidat nomor urut 2 memperoleh 5 suara, pasangan nomor urut 2 mendapat 5 suara dan pasangan nomor urut 4 memperoleh 1.548 suara.

Jumlah total suara yang diperoleh masing-masing kandidat Bupati Deiyai pada PSU di Diyai dan Kapiraya, nomor urut 1 Ateng Edoway memperoleh 3.825 suara, nomor urut 2 Kenny Ikomou memperoleh 5 suara. Sedangkan nomor urut 3, Dance Takimai memperoleh 5 suara dan Paslon nomor urut 4, Inarius Douw memperoleh 1.548 suara.

Perolehan suara di masing-masing Paslon per distrik dan kampung, yakni di Distrik Kapiraya, Ateng Edoway memperoleh 3.022 suara, Kenny Ikomou nihil, Dance Takimai nihil. Sedang calon Bupati Deiyai, Inarius Douw memperoleh 73 suara.

Di Desa Diyai, pada TPS 1, Ateng Edoway 100 suara, Kenny Ikomou 1 suara, Dance Takimai 1 suara dan Inarius Douw 470 suara. TPS 2, Ateng Edoway 170 suara, Kenny Ikomou 1 suara,  Dance Takimai 1 suara, sedangkan Inarius Douw 400 suara.

Pada TPS 3, perolehan suara untuk Ateng Edoway 250 suara, Kenny Ikomou 1 suara, Dance Takimai 1 suara dan Inarius Douw 372 suara. TPS 4, Ateng Edoway 283 suara, Kenny Ikomou 3 suara, Dance Takimai 3 suara, Inarius Douw 283 suara dengan jumlah DPT untuk Kampung Diyai sebanyak 2.288 pemilih.(wan/ist)

Read 229 times

Leave a comment

Make sure you enter all the required information, indicated by an asterisk (*). HTML code is not allowed.