Pemkab Sorong Bertekad Putus Penularan Penyakit Kaki Gajah | Pasific Pos.com

| 18 November, 2018 |

Pemkab Sorong Bertekad Putus Penularan Penyakit Kaki Gajah

Papua Barat Written by  Rabu, 17 Oktober 2018 10:53 0
Rate this item
(0 votes)

Manokwari, TP – Pemerintah kabupaten (Pemkab) Sorong bertekad memutus mata rantai penularan penyakit kaki gajah (filariasis).

Bupati Sorong, Johny Kamuru, SH, M.Si, mengatakan, Kabupaten Sorong sejauh ini berada diurutan kelima daerah endemis penyakit kaki gajah dari 12 kabupaten dan satu kota di Papua Barat.

“Kabupaten Sorong masuk peringkat kelima daerah endemis filariasis dari dua belas kabupaten dan kota se provinsi Papua Barat,” kata Kamuru dalam acara pencanangan Bulan Eliminasi Kaki Gajah (Belkaga) di Alun-alun Aiman, Kabupaten Sorong, Senin (15/10).

Kamuru menyebutkan, beberapa wilayah di Kabupaten Sorong masih dijumpai penyakit kaki gajah, seperti di kelurahan Malawi, Mariat, distrik Masigen, distrik Seget, distrik Salawati Selatan, Klabot, Klamono, Sayosa, Sayosa Timur, Klaili, Makbon, Mega, dan distrik Maudis.

“Hal ini perlu menjadi perhatian kita semua dalam rangka pemutusan mata rantai penularan filariasis,” jelas Kamuru.

Pemkab Sorong ungkap Kamuru, melalui Dinas Kesehatan (Dinkes) kabupaten Sorong dan stakeholder, telah berupaya memutus penularan penyakit kaki gajah, salah satunya dengan cara pemberian obat pencegahan massal (POPM) filariasis sejak tahun 2016.

Tindakan POPM ini kata Kamuru, akan dilakukan sampai tahun 2021, dan tahun 2018, merupakan tahun ketiga pemberian obat.

“Tahun 2016 kita tidak mencapai target 65 persen dari jumlah penduduk, sebaliknya pelaksana pemberian obat pencegahan mencatat prestasi dengan mencapai target 90 persen,” beber Kamuru.

Kamuru mengatakan, dalam kegiatan POPM, Dinkes melibatkan 18 puskesmas yang mencakup semua distrik di Kabupaten Sorong dengan target minimal 65 persen dari jumlah penduduk.

Oleh sebab itu, dengan di launching-nya Belkaga tahun 2019, dirinya mengajak seluruh dinas teknis, dan lapisan masyarakat di Kabupaten Sorong bersama-sama memutus mata rantai penularan filariasis dengan cara meminum obat kaki gajah yang diberikan, sehingga tujuan Kabupaten Sorong bebas penyakit kaki gajah tahun 2021 dapat tercapai.

“Maka diharapkan semua elemen masyarakat dapat mendukung pelaksanaan launching Belkaga agar berjalan dengan baik, sehingga target POPM filariasis dan eleminasi dapat tercapai di Kabupaten Sorong mendatang,” tandas Kamuru. [FSM-R4] 

Read 160 times

Leave a comment

Make sure you enter all the required information, indicated by an asterisk (*). HTML code is not allowed.