Kasus WNA Mulai Disidangkan | Pasific Pos.com

| 18 November, 2018 |

Kasus WNA Mulai Disidangkan

Papua Tengah Written by  Selasa, 16 Oktober 2018 12:33 font size decrease font size increase font size 0
Rate this item
(0 votes)

NABIRE – Pengadilan Negeri Nabire, Senin (15/10) menggelar sidang perdana Warga Negara Asing (WNA) yang didakwa menyalahgunakan pemberian izin tinggal. Dari 21 WNA yang diproses hukum, dalam persidangan terbagi dalam tiga berkas. Sidang pertama untuk nomor perkara 102/Pid.Sus/2018/PN Nab, dengan 16 terdakwa warga negara China. Sidang yang dimulai pukul 15.00 WIT, dipimpin hakim ketua yang merupakan Ketua Pengadilan Negeri Nabire, Erenst Jannes Ulaen, SH, MH, didampingi hakim anggota masing-masing Aditya Widyatmoko, SH dan Rifin Nurhakim, S., SH. Hadir Jaksa Penuntut Umum dari Kejaksaan Negeri Nabire, dan dua orang kuasa hukum untuk ke-16 terdakwa asal China tersebut.

Pantauan media ini di ruang persidangan, diawali dengan pengambilan sumpah seorang penerjemah. Setelah itu dilanjutkan dengan pengecekan identitas masing-masing terdakwa. Pengakuan para terdakwa di muka persidangkan yang diterjemahkan oleh penerjemah, latar belakang pendidikan para terdakwa rata-rata lulusan SMP dan SMA.

Seusai pemeriksaan para terdakwa, sidang dilanjutkan dengan pembacaan dakwaan oleh Jaksa Penuntut Umum. Setelah dakwaan dibacakan, hakim ketua sempat menanyakan kepada kuasa hukum apakah ada eksepsi atas dakwaan. Dijawab kuasa hukum dari ke-16 WNA asal China ini, jika pihaknya tidak ada eksepsi atas dakwaan dan sidang untuk dilanjutkan.

Pada sidang perdana ini, keterangan dari JPU jika pihaknya menyiapkan 4 orang saksi. Namun yang berkesempatan hadir pada sidang perdana ini hanya dua orang, salah satunya adalah dari Kantor Imigrasi Mimika. Sidang dilanjutkan dengan pemeriksaan saksi pertama dari Kantor Imigrasi Mimika. Seusai pemeriksaan saksi dari Kantor Imigrasi Mimika sekitar pukul 17.30 WIT, sidang diskors. Sidang akan dilanjutkan Selasa (16/10) pukul 11.00 WIT dengan agenda lanjutan pemeriksaan saksi.

Data yang dihimpun dari Sistem Informasi Penelusuran Perkara Pengadilan Negeri Nabire, menyebutkan, perkara nomor 102/Pid.Sus/2018/PN Nab ini tanggal register pada 9 Oktober 2018, dengan penuntut umum Arnolda Awom, SH.

Keenambelas terdakwa pada perkara ini masing-masing Wu Jiming, Li Yuling, Tang Gang, Wu Jiang, Li Shihong, Li Changfu, Luo Yubing, Lu Xianpeng, Zhou Shunqing, Wang Yongli, Mao Jialing, Hou Yuwen, Gong Xiaojun, Wu Xiaoming, Ouyang Weishan, Yang Enlong. Perkara ini tanggal surat pelimpahan pada Selasa (9/10), dengan nomor surat pelimpahan : Reg.APB -103/T.1.17/Euh.2/10/2018.

Dalam Sistem Informasi Penelusuran Perkara Pengadilan Negeri Nabire ini juga disebutkan, terdakwa 1 Wu Jiming secara bersama-sama atau bertindak sendiri-sendiri dengan terdakwa 2 Li Yuling, terdakwa 3 Tang Gang, terdakwa 4 Wu Jiang, terdakwa 5 Li Shihong, terdakwa 6 Li Changfu, terdakwa 7 Luo Yubing, terdakwa 8 Lu Xianpeng, terdakwa 9 Zhou Shunqing, terdakwa 10 Wangyongli, terdakwa 11 Mao Jialing, terdakwa 12 Hou Yuwen, terdakwa 13 Gong Xiaojun, terdakwa 14 Wu Xiaoming, terdakwa 15 Ouyang Weishan dan terdakwa 16 Yang Enlong, pada hari Jumat tanggal 8 Juni 2018 sekitar pukul 08.30 WIT dan pada hari Sabtu tanggal 9 Juni 2018 sekitar pukul 11.00 WIT atau setidak-tidaknya pada suatu waktu tertentu dalam bulan Juni 2018 bertempat di Area Penambangan Emas Kilometer 32, 38, 70 Kampung Lagari, Distrik Makimi, Kabupaten Nabire atau setidak-tidaknya pada suatu tempat yang masih termasuk dalam daerah hukum Pengadilan Negeri Nabire yang berwenang memeriksa dan mengadili perkara ini, yang melakukan, yang menyuruh melakukan dan yang turut serta melakukan perbuatan, dengan sengaja menyalahgunakan atau melakukan kegiatan yang tidak sesuai dengan maksud dan tujuan pemberian izin tinggal yang diberikan kepadanya.

Perbuatan para terdakwa sebagaimana diatur dan diancam pidana dalam Pasal 122 huruf (a) Undang-Undang RI Nomor 6 Tahun 2011 tentang Keimigrasian Jo Pasal 55 ayat (1) KUHP.

Sekedar informasi, untuk dua berkas lainnya masing-masing nomor perkara : 100/Pid.Sus/2018/PN Nab dengan terdakwa Go Seong Yong yang merupakan WNA asal Korea. Berkas ketiga dengan nomor perkara : 101/Pid.Sus/2018/PN Nab, dengan terdakwa WNA asal Jepang masing-masing, Kaneda Hisashi, Tanaka Yoshiori, Isogaya Kazumasa, Hatakeyama Toru. Untuk kedua berkas ini, pada Senin (15/10) kemarin, belum disidangkan. (ros)

Read 76 times

Leave a comment

Make sure you enter all the required information, indicated by an asterisk (*). HTML code is not allowed.