Pandit Sembiring Pimpin Kodam XVII/Cenderawasih | Pasific Pos.com

| 22 February, 2019 |

Pandit Sembiring Pimpin Kodam XVII/Cenderawasih

Headline Penulis  Minggu, 14 Oktober 2018 17:58 font size decrease font size increase font size 0
Beri rating artikel ini
(1 Voting)

Jayapura, Mayjen TNI Yosua Pandit Sembiring,  resmi menjabat Panglima Kodam (Pangdam) XVII/Cenderawasih setelah dilantik oleh KASAD Jenderal TNI Mulyono di Jakarta, Jumat, (12/10) lalu.

Sementara itu Sabtu (13/10) diadakan penerimaan dan tradisi di kodam XVII/Cenderawasih.

Pangdam Mayjen TNI Yoshua Pandit Sembiring kepada pers mengatakan dalam pelaksanaan tugas dirinya akan melanjutkan apa yang sudah diruntis. "Di Papua banyak konflik yang terjadi terutama KKSB yang kini menjadi topik utama, namun harus dilakukan pendekatan secara persuasif, karena apapun namanya pendekatan itu adalah sangat baik," ujar Pangdam.

Pangdam menjelaskan, pendekatan yang dilakukan adalah pendekatan teritorial, pendekatan kemanusiaan dan pendekatan budaya sehingga betul-betul menyentuh hati masyarakat.

Mayjen TNI YP Sembiring mengaku jika sebelumnya, ia pernah bertugas juga di Papua, sehingga tentu tidak asing lagi baginya. “Bagi saya, Papua tidak terlalu menjadi hal yang sulit untuk saya menjalankan amanah mensejahterahkan rakyat di NKRI khususnya Papua,“ katanya.

Sedangkan, untuk pengamanan perbatasan antara RI – PNG, mengatakan, jika yang marak terjadi yakni penyelundupan narkoba dan transaksi senjata keluar masuk perbatasan sudah berjalan.

“Untuk pengamanan perbatasan Indonesia yang marak terjadi yaitu Narkoba dan transaksi senjata keluar masuk perbatasan sudah berjalan menurut satuan-satuan yang ditugaskan dengan manajemen yang ada jadi kami akan melihat bagaimana kontrol fungsi itu berjalan,” imbuhnya.

Mayjen TNI Yosua Pandit Sembiring  merupakan lulusan Akademi Militer (Akmil) tahun 1986. Perjalanan karirnya diawali di satuan Kostrad sebagai Danton Ban 411/6/2 Kostrad (1986), kemudian menjadi Danton 2/B/411/5/2 Kostrad (1987) dan menjabat Danton STTB/BANT/502/18/2/Kostrad.

Selanjutnya, karier YP Sembiring semakin meningkat setelah lulus mengikuti Diklapa I Infantri, dengan jabatan barunya sebagai Kasi-1 Intel/502/18/2/Kostrad (1991).

Dalam karirnya sebagai prajurit, sebagian besar dijalaninya di satuan Kostrad, hingga setelah menduduki Jabatan Wadanyonif 303/13/1 Kostrad pada tahun 1998 dan lulus pendidikan Sesko TNI AD pada tahun 2000.

Setelah itu, YP Sembiring beralih satuan ke jajaran Pussenif dengan jabatan Kabagdik Sdirdiklat Pussenif di tahun 2001. Pada tahun 2002, dipercaya menduduki jabatan Danyonif 123/RW Rem 023 Dam I/BB.

Kemudian, selama 2 kali berturut-turut menduduki Jabatan Dandim 0302/Inhu Korem 031 dan Dandim 0203/LKT Rem 022 Dam I/BB.

Pada tahun 2010, YP Sembiring berhasil lulus dari Sesko TNI, kemudian pada tahun 2014 menjabat sebagai Danrem 142/Tatag.

Tidak berhenti disitu, selanjutnya pada bulan Juni 2015 dipercaya menjadi Irkostrad dan kemudian menjadi Kasdam III/Siliwangi, serta kemudian menduduki jabatan Kasgartap I/Jayakarta (10/2015).

Terakhir dirinya diangkat menjadi Kodiklat TNI AD, sehingga putra Tanah Karo ini pun resmi mendapatkan bintang dua di pundaknya pada bulan Mei 2018.

Sejak 4 bulan resmi menyandang pangkat bintang dua, kini Mayjen Yosua Pandit Sembiring pun dipercaya kembali mengemban tugas baru sebagai Pangdam XVII/Cendrawasih.

Sementara itu, Mayjen TNI George Elnadus Supit menduduki jabatan sebagai Asisten Teritorial (Aster) Panglima TNI.

Dibaca 352 kali

Tinggalkan Komentar

Yang bertanda bintang (*) wajib diisi. Kode HTML tidak diijinkan.