Kapolda Papua Tatap Muka dengan Personil Polres Jayapura | Pasific Pos.com

| 15 November, 2018 |

Suasana tatap muka antara Kapolda Papua Irjen Pol. Drs. Martuani Sormin, M.Si, dengan personil Polres Jayapura dan Polsek jajaran, Kamis (11/10/18) siang, di Aula Reay May (Rumah Perdamaian) Mapolres Jayapura, Doyo Baru, Kabupaten Jayapura. Suasana tatap muka antara Kapolda Papua Irjen Pol. Drs. Martuani Sormin, M.Si, dengan personil Polres Jayapura dan Polsek jajaran, Kamis (11/10/18) siang, di Aula Reay May (Rumah Perdamaian) Mapolres Jayapura, Doyo Baru, Kabupaten Jayapura.

Kapolda Papua Tatap Muka dengan Personil Polres Jayapura

Kabupaten Jayapura Written by  Jumat, 12 Oktober 2018 16:21 font size decrease font size increase font size 0
Rate this item
(0 votes)

SENTANI - Kapolda Papua Irjen Pol. Drs. Martuani Sormin, M.Si, tatap muka dengan personil Polres Jayapura dan Polsek jajaran, Kamis (11/10/18) siang, di Aula Reay May (Rumah Perdamaian) Mapolres Jayapura, Doyo Baru, Kabupaten Jayapura.

Kapolda Papua menyampaikan, bahwa Polres Jayapura bersama dua Polres lainnya seperti Polresta Jayapura dan Polres Merauke adalah contoh tiga model Polres di Papua, untuk pembentukan zona integritas wilayah bebas korupsi.

“Polres inikan salahsatu model di Papua yakni, Polres Jayapura, Polresta Jayapura dan Polres Merauke. Jadi, ada tiga model di kita untuk pembentukan zona integritas, yang akan meningkat menjadi zona integritas wilayah bebas korupsi, kolusi dan nepotisme (KKN),” ujar Irjen Pol Drs. Martuani Sormin, M.Si, ketika dikonfirmasi wartawan usai tatap muka, di Mapolres Jayapura, Kamis (11/10/18) sore.

Kapolda Martuani menjelaskan, ketiga Polres ini kenapa menjadi model, karena untuk pemberian tunjangan kinerja. “Kalau pelayanan masyarakat disini tercapai, sebagaimana yang ditentukan oleh Kementerian PAN&RB. Maka kita akan mengusulkan ketiga Polres ini mendapatkan tunjangan kinerja atau remunerasi 100 persen,” tuturnya.

Irjen Pol Martuani Sormin membeberkan pemberian tunjangan kinerja sekarang ini masih pada tataran 57 persen. Namun, ia berharap usulan ketiga Polres memperoleh tunjangan kinerja (remunerasi) sebesar 100 persen itu bisa diterima.

“Karena sekarang kita masih pada tataran 57 persen. Jadi, nanti dengan adanya zona integritas ini kita harapkan ketiga Polres ini menjadi model sebagai pemicu untuk Polres-polres lainnya di jajaran Polda Papua, guna bisa memberikan pelayanan terbaik kepada masyarakat,” ucapnya.

Dalam tatap muka tersebut, Kapolda Papua menekankan pentingnya memantapkan lagi pelayanan kepada masyarakat. Ia meminta kepada anggota Polri yang ada di bagian pelayanan agar dapat melatih dirinya untuk senyum saat melayani masyarakat.

“Terutama pelayanan kepada masyarakat ini yang saya tekankan kepada anggota Polri. Tadi (kemarin) saya sempat bumbui kepada anggota kami itu harus dilatih senyum, karena bagi anggota kami untuk senyum itu sangat susah,” imbuh Kapolda.

“Jadi, perlu dilatih untuk bagaimana senyum, sapa dan salam kepada masyarakat saat melakukan pelayanan administrasi. Sehingga ketika masyarakat datang di kantor-kantor unit pelayanan kami, itu setidak-tidaknya dia (masyarakat) mendapat pelayanan yang baik atau diperlakukan dengan baik, kemudian tepat waktu dan transparan dalam segala hal. Misalnya, biaya harus transparan dan waktu penyelesaian juga harus tepat waktu,” tambahnya.

Itulah yang menjadi tolak ukur penilaian dari Kementerian PAN&RB, kata Martuani Sormin, dengan tiga Polres menjadi contoh model ini, pihaknya nanti memberikan remunerasi 100 persen, yang akan menjadi pemicu untuk Polres-polres lainnya untuk melakukan hal yang sama.

Sementara itu, Kapolres Jayapura AKBP Victor Dean Mackbon, S.H., S.IK., M.H., M.Si, mengatakan, bahwa dalam kunjungan Kapolda Papua ke Mapolres Jayapura ini terkait bagaimana anggota Polri, khsusunya Polres Jayapura ini harus bersikap humanis.

“Dikarenakan memang kita telah mencanangkan pelayanan publik melalui zona integritas, tentunya anggota juga harus dilatih bagaimana bisa tersenyum dan sopan santun terhadap masyarakat. Selain itu juga, ada penekanan dari bapak Kapolda dalam menghadapi terkait dengan curanmor yang memang sedikit cukup tinggi. Untuk itu, yang menjadi atensi pak Kapolda ini harus bisa ditekan dan diungkap para pelakunya,” tandas Victor.

Read 122 times

Leave a comment

Make sure you enter all the required information, indicated by an asterisk (*). HTML code is not allowed.