Bentrok di Yahukimo Berujung Damai | Pasific Pos.com

| 18 October, 2018 |

Kapolda Papua, Irjen Pol Martuani Sormin Kapolda Papua, Irjen Pol Martuani Sormin

Bentrok di Yahukimo Berujung Damai

Lintas Daerah Penulis  Rabu, 10 Oktober 2018 20:26 0
Beri rating artikel ini
(0 voting)

JAYAPURA,- pasca bentrok antar suku yang terjadi Dekay Ibu kota Kabupaten Yahukimo yang dipicu dengan kasus kecelakaan lalulintas beberapa waktu lalu, akhirnya berujung pada kesepakatan perdamaian antar dua belah pihak yang bertikai.

Hal tersebut diungkapkan Kapolda Papua, Irjen Pol Martuani Sormin ketika diwawancarai saat menghadiri kegiatan di Makodam XVII Cenderawasih, Rabu (10/10) pagi.

Kata Martuani kesepakatan antar dua belah pihak dan dijembatani oleh Pemerintah Kabupaten Yahukimo melalui Bupati.


“Bapak bupati sudah menjembatani kedua kelompok yang bertikai antara keluarga yang menabrak dan yang ditabrak. Semoga dapat berjalan lancar,” terangnya.


Bupati Tolikara Abock Busup ketika dikonfirmasi sebelumnya mengungkapkan situasi di Kabupaten Yahukimo telah kondusif pada Selasa (9/10) kemarin, setelah pihaknya bersama dengan TNI polri mendatangi kedua belah pihak yang bertikai.


“Situasis sudah mulai kondusif, masyarakat yang mengungsi sudah pulang kembali lagi kerumahnya selain itu juga aktifitas mulai berjalan normal,” ungkapnya, Selasa (9/10) siang.


Sementara itu perlu diketahui bentrok antar suku di Ibu Kota Kabupaten Yahukimo terjadi pada Sabtu (6/10) lalu, dimana bentrok tersebut memakan lima korban jiwa, satu diantaranya tewas tertembak lantaran telah melakukan penyerangan terhadap pihak keamanan yang hendak menirai bentrok tersebut, selain itu juga puluhan rumah yang berada dilokasi bentrok ludes terbakar. Selain itu juga warga pendatang yang beromisili di Dekay memilih untuk mengunsi di Polres setempat.

Dibaca 51 kali

Tinggalkan Komentar

Yang bertanda bintang (*) wajib diisi. Kode HTML tidak diijinkan.