Akuntabilitas Kinerja Pemerintah Papua Terus Meningkat | Pasific Pos.com

| 15 December, 2018 |

Kepala Biro Organisasi dan Pendayagunaan Aparatur Setda Papua, Daniel Pahabol ketika membuka kegiatan evaluasi pelaksanaan reformasi birokrasi, di Swisbell Hotel Jayapura, Rabu, 10 Oktober 2018. Kepala Biro Organisasi dan Pendayagunaan Aparatur Setda Papua, Daniel Pahabol ketika membuka kegiatan evaluasi pelaksanaan reformasi birokrasi, di Swisbell Hotel Jayapura, Rabu, 10 Oktober 2018.

Akuntabilitas Kinerja Pemerintah Papua Terus Meningkat

Info Papua Penulis  Rabu, 10 Oktober 2018 19:59 0
Beri rating artikel ini
(0 voting)

Jayapura,- Gubernur Papua Lukas Enembe mengatakan, perkembangan pelaksanaan Reformasi Birokrasi dan Akuntabilitas Kinerja di Provinsi Papua telah memperlihatkan kemajuannya.

Dikatakan, Pemerintah Provinsi Papua untuk Tahun 2016 masih pada posisi C untuk penilaian Reformasi Birokrasi demikian juga Kabupaten/Kota.


Namun di sisi lain perkembangan Akuntabilitas Kinerja untuk Provinsi Papua mengalami peningkatan sejak 2014-2017, dimana 2014 dan 2015 masih C dan 2016 CC dan 2017 B dan saat evaluasi sekarang untuk 2018 kami berharap bisa meningkat ke BB, namun semua tergantung hasil evaluasi yang dilakukan nanti oleh KEMENPAN-RB.


Perkembangan Akuntabilitas Kinerja bagi Kabupaten/Kota juga mengalami perkembangan nilai Akuntabilitas Kinerjanya walaupun semua masih berpredikat C dan D kecuali untuk Kota Jayapura dan Kabupaten Jayapura yang sudah CC di tahun 2017 untuk Akuntabilitas Kinerjanya.


Walau Kabupaten/Kota lainnya di Provinsi Papua rata-rata masih mendapat Predikat C untuk Akuntabilitas Kinerja namun setiap tahun terjadi peningkatan nilai walau masih naik 1-4 point, namun sudah mulai diperhatikan oleh Pimpinan Daerah tentang pentingnya penataan Manajemen Kinerja melalui SAKIP.


"Ada upaya-upaya yang telah dilakukan oleh Pemerintah Provinsi Papua melalui Tim Asistensi Reformasi Birokrasi (RB) Provinsi Papua dan Tim SAKIP Provinsi Papua bagi SKPD di lingkup Pemerintah Provinsi Papua dan Kab/kota," demikian disampaikan Gubernur dalam sambutan tertulis yang dibacakan Kepala Biro Organisasi dan Pendayagunaan Aparatur Setda Papua, Daniel Pahabol pada kegiatan evaluasi pelaksanaan reformasi birokrasi di Jayapura, Rabu, 10 Oktober 2018.


Gubernur mengatakan, pemerintah Papua sudah membentuk Tim RB dan Tim SAKIP di Kabupaten/Kota se Provinsi Papua, mensosialisasikan dan memantau perkembangan data kinerja SKPD Provinsi dan Kabupaten/Kota melalui salah satu Aplikasi yang telah disediakan oleh KEMENPAN-RB yaitu Aplikasi e-SAKIP Reviuw atau yang disingkat ESR, mengawasi dan mengawal Penataan Manajemen Kinerja melalui RPJMD Provinsi Papua untuk lima tahun kedepan.


Hanya saja, kata Gubernur, masih ada kendala-kendala yang dihadapi dalam penerapan dan pelaksanaan Reformasi Birokrasi dan Sistem Akuntabilitas Kinerja Instansi Pemerintah.


Seperti belum optimalinya jaringan kerja Tim RB dan Tim SAKIP baik pada level Provinsi, Kab/Kota yang kurang disupport oleh sumber daya yang memadai, sehingga target yang hendak dicapai belum maksimal.


Kemudian, letak geografis beberapa Kabupaten didaerah pegunungan Papua yang terhalang dalam hal akses komunikasi.


Dari Upaya dan Kendala yang telah dikemukakan, Gubernur berharap KEMENPAN-RB agar terus melakukan pengawasan dan pembinaan Manajemen Kinerja untuk kami di Papua.


"Saya harapkan dengan pelaksanaan evaluasi pelaksanaan Reformasi Birokrasi dan evaluasi Akuntabilitas Kinerja dapat menjadi masukan/koreksi bersama baik untuk Pemerintah Provinsi Papua maupun Pemerintah Kabupaten/Kota, guna peningkatan tata kelola pemerintahan yang baik. bersih, berwibawa, serta efektif dan efisien bagi kepentingan publik,"harapnya.


Lanjutnya, bagi Kabupaten lainnya yang belum di evaluasi akan tetap di evaluasi oleh KEMENPAN-RB dalam waktu dekat yang akan dilaksanakan di Jakarta.


"Saya sangat berterima kasih kepada Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi yang telah memilih Provinsi Papua sebagai tempat dilaksanakan kegiatan evaluasi pelaksnaan Reformasi Birokrasi dan Akuntabilitas Kinerja tahun 2018 bagi Provinsi Papua maupun Kabupaten/Kota se Papua. Semoga dengan kegiatan ini. dapat meningkatkan penataan Reformasi Birokrasi khususnya pada 8 Area Perubahan dalam Reformasi Birokrasi dan juga lebih meningkatkan Akuntabilitas Kinerja yang berorientasi hasil (oulcome)," ujarnya.


Pada kesempatan itu, Gubernur juga menyampaikan terima kasih dan penghargaan kepada lbu Naptalina Sipayung selaku Asisten Deputi Koordinasi Pelaksanaan Kebijakan dan Evaluasi Reformasi Birokrasi, Akuntabilitas Aparatur dan Pengawasan-Hl dari Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi beserta rombongan yang akan melakukan evaluasi pelaksanaan Reformasi Birokrasi dan Evaluasi Akuntabilitas Kinerja kepada seluruh peserta kegiatan.


Kepada para peserta, Gubernur menghimbau pergunakanlah kesempatan ini sebaik mungkin untuk menambah pengetahuan dan pengalaman dalam melaksanakan tugas-tugas Pemerintah ke depan, demi kemajuan kita bersama serta untuk mewujudnyatakan Visi Papua Bangkit, Mandiri dan Sejahtera Yang Berkeadilan.


Diketahui, evaluasi pelaksanaan ReformasI Birokrasi dan evaluasi Akuntabilitas Kinerja Pemerintah Provinsi Papua maupun Pemerintah Kabupaten/kota, yakni Kota Jayapura, Kab.Jayapura, Kab. Merauke, Kab.Yalimo dan Kab. Pegunungan Bintang.

Dibaca 117 kali

Tinggalkan Komentar

Yang bertanda bintang (*) wajib diisi. Kode HTML tidak diijinkan.

Trending Topik