Kinerja Operasional Bank Papua Membaik, Ini Indikatornya | Pasific Pos.com

| 18 October, 2018 |

Nasabah bertransaksi di Bank Papua KCU Jayapura. Nasabah bertransaksi di Bank Papua KCU Jayapura.

Kinerja Operasional Bank Papua Membaik, Ini Indikatornya

Ekonomi & Bisnis Penulis  Rabu, 10 Oktober 2018 19:46 0
Beri rating artikel ini
(0 voting)

Jayapura – Manajemen PT Bank Pembangunan Daerah Papua (Bank Papua) mencatat kinerja operasional bank milik daerah itu membaik. Hingga triwulan III tahun 2018 kenaikan laba bersih Bank Papua sebesar 24,1 persen atau Rp203,647 miliar dari target sebesar Rp164,217 miliar.

Direktur Operasional dan Jaringan Teknologi Informasi Bank Papua, Isak Samuel Wopari mengatakan, kinerja pertumbuhan laba bersih didorong oleh adanya pertumbuhan pendapatan bunga bersih yang disertai perbaikan kualitas aset.


“Sementara, pertumbuhan kredit naik 1,1 persen pada triwulan III tahun 2018 dibandingkan triwulan II tahun 2018 atau sebesar Rp12,772 miliar serta upaya perbaikan kualitas kredit yang dilakukan secara berkelanjutan, “kata Isak, di Kota Jayapura, belum lama ini.


Memasuki triwulan IV tahun 2018 atau semester kedua tahun ini, capaian Non Performing Loan (NPL) gross Bank Papua, kata Isak, berada di angka 9,65 persen, angka itu turun dibandingkan triwulan II tahun 2018 yakni 12,99 persen.


Sedangkan NPL net, kata Isak, berada di angka 3,09 persen, juga mengalami penurunan dibandingkan triwulan II tahun 2018 yakni 3,96 persen.


“Manajemen telah berkomitmen bahwa tugas dan tanggung jawab yang telah diberikan oleh OJK yakni di akhir tahun 2018 NPL gross harus berada di bawah angka 5 persen, lalu NPL net 2,33 persen, “jelas Isak.


Isak mengklaim indikator tersebut menunjukkan Bank Papua adalah bank yang sehat secara nasional. Pihaknya pun optimis dapat mencapai target yang telah ditetapkan OJK.


Kepala Otoritas Jasa Keuangan (OJK) Perwakilan Provinsi Papua dan Papua Barat, Misran Pasaribu mengatakan, NPL gross Bank Papua berada di kisaran 9 persen, angka ini sangat jauh turun dibandingkan beberapa tahun lalu yang sempat mencapai di atas 15 persen.


“Demikian juga dengan NPL net, pada tahun 2017 mencapai 9 persen, setahun terakhir sudah stabil di bawah 5 persen, dan beberapa bulan terakhir sudah 3 persen, “kata Misran.


Dengan makin turunnya NPL Bank Papua, kata Misran, mencerminkan kinerja perkreditan Bank Papua sudah membaik yang sebelumnya menjadi pokok permasalahan.


“Tetapi bukan berarti permasalahan yang lain tidak diperhatikan, karena itu menjadi satu paket perbaikan yang dilakukan Bank Papua termasuk operasional, sistem dan government, “ucap Misran. (Zulkifli)

Dibaca 33 kali

Tinggalkan Komentar

Yang bertanda bintang (*) wajib diisi. Kode HTML tidak diijinkan.