Tangani Konflik Daerah, Pemprov Bentuk Tim Emergency Respon | Pasific Pos.com

| 15 December, 2018 |

Wakil Gubernur Provinsi Papua, Klemen Tinal Wakil Gubernur Provinsi Papua, Klemen Tinal

Tangani Konflik Daerah, Pemprov Bentuk Tim Emergency Respon

Info Papua Penulis  Selasa, 09 Oktober 2018 20:42 0
Beri rating artikel ini
(0 voting)

JAYAPURA,- Wakil Gubernur Provinsi Papua, Klemen Tinal menuturkan pasca konflik yang terjadi di beberapa daerah di Papua beberapa waktu ini, Maka Pemerintah Provinsi Papua dalam waktu dekat akan membentuk Tim Emergency Respon dalam penanganan konflik yang terjadi.

“Pemerintah Provinsi Papua akan membentuk tim emergency respon untuk menangani konflik sosial yang terjadi di sejumlah daerah di Papua akhir-akhir ini yang melibatkan unsur Forkopimda dan para Tokoh Agama maupun Masyarakat, guna mengobati dan mecegah timbulnya konflik antar masyarakat di wilayah setempat,” ungkap Klement, Selasa (9/10).


Klemen pun menuturkan pembentukan tim emergency respon akan diatur dalam Peraturan Gubernur, sehingga kedepannya pemerintah provinsi pun dapat ambil bagian dalam penanganan konflik yang terjadi.


“Selama ini Pemerintah Provinsi pasif dalam penanganan konflik di Papua semoga dengan pembentukan tim yang melibatkan unsur Forkopimda dan para Tokoh Agama maupun Masyarakat, pemeritah provinsi bisa hadir. Kesannya selama ini pak gubernur dan wakil tidak hadir, padahal penguasa daerah itu bupati dan walikota. Supaya secara adminisitrasi baik, kita bikin pergub untuk pembentukan tim ini agar kita bisa hadir juga," terangnya.


Sementara itu, Kapolda Papua Irjen Pol. Martuani Sormin mengapresiasi respon positif dari Pemerintah Daerah dan unsur Forkopimda dengan membentuk tim emergency respon untuk menangani konflik sosial di wilayah setempat, sebab, Polri dan TNI hanya bisa menghentikan sementara konflik, namun untuk menghilangkan konflik secara permanen harus diselesaikan akar masalahnya oleh semua pihak.


"meskipun penanganan konflik merupakan ranah pihak Polri yang diback up TNI, tapi tidak salah apabila pemerintah hadir untuk membantu dan ini merupakan upaya yang sangat baik oleh pemerintah provinsi Papua. Kami dari aparat hanya menyelesaikan, tapi untuk berlarut-larut konfliknya butuh peran serta dari pemerintah dan seluruh elemen masyarakat baik dari pemuka agama, pemuda dan para tokoh masyarakat lainnya,” terangnya.

Dibaca 229 kali

Tinggalkan Komentar

Yang bertanda bintang (*) wajib diisi. Kode HTML tidak diijinkan.