Mahasiswa Papua di Palu Dipulangkan | Pasific Pos.com

| 16 February, 2019 |

Sekretaris Daerah Papua, Hery Dosinaen Sekretaris Daerah Papua, Hery Dosinaen

Mahasiswa Papua di Palu Dipulangkan

Info Papua Penulis  Selasa, 09 Oktober 2018 18:46 0
Beri rating artikel ini
(0 voting)

Jayapura,- Mahasiswa Papua yang mengeyam pendidikan di Palu, Sulawesi Tengah, telah dievakuasi dan dipulangkan ke Jayapura.

“hari ini 11 mahasiswa Papua sudah dipulangkan ke Jayapura dengan menggunakan pesawat komersil. Lainnya akan segera diterbangkan ke Makassar untuk berangkat keesokan harinya,” kata Sekretaris Daerah Papua, Hery Dosinaen di Jayapura, Selasa (9/10/2018).

Menurut Sekda, mahasiswa asal Papua yang selamat dari bencana tsunami dan gempa dipulangkan sementara ke Papua. "pemda Papua juga sudah bangun posko, mahasiswa yang pulang ke Jayapura rencananya akan diterima pak gubernur di Bandara Sentani," kata Sekda.

Sekda mengaku, pemerintah provinsi Papua tidak hanya memulangkan mahasiswa Papua saja, melainkan mahasiswa asal Papua Barat juga menjadi perhatian. "Total mahasiswa Papua yang ada di Palu sekitar 40 orang, dan tidak ada yang menjadi korban gempa dan tsunami," ujarnya.

Agar berjalan baik, ujar ia, pihaknya sudah mengirimkan dua orang staf ke Palu untuk mengkoordinir anak-anak Papua yang ada di sana.


"Perintah gubernur sudah jelas, tidak boleh ada satupun anak Papua yang terabaikan," ujarnya lagi.

Sebelumnya, pemerintah Papua menyerahkan bantuan dana sebesar Rp 4 Miliar Rupiah untuk membantu korban bencana gempa dan Tsunami di Donggala, Sigi dan Palu, Provinsi Sulawesi Tengah yang terjadi sepekan lalu.


Penyerahan bantuan ini disampaikan Gubernur Papua, Lukas Enembe dalam pertemuan dengan Presiden Joko Widodo di Istana Bogor, Jawa Barat, Jumat (5/10) malam.


Gubernur Lukas Enembe kepada pers usai bertemu Jokowi menyatakan, bantuan ini merupakan dana sharing dari pemerintah Provinsi dan 29 Kabupaten/Kota. "Dana ini nanti langsung disalurkan ke Palu," ujar Gubernur Lukas yang mendatangi istana bersama para Bupati Walikota se-Papua.

Dibaca 245 kali

Tinggalkan Komentar

Yang bertanda bintang (*) wajib diisi. Kode HTML tidak diijinkan.