BI Berikan Pelatihan Bagi Pelaku Industri Rumah Tangga | Pasific Pos.com

| 18 October, 2018 |

BI Berikan Pelatihan Bagi Pelaku Industri Rumah Tangga

Papua Barat Penulis  Kamis, 20 September 2018 14:25 0
Beri rating artikel ini
(0 voting)

Manokwari, TP – Kantor Perwakilan Bank Indonesia Provinsi Papua Barat menggelar pelatihan bagi Pelaku Industry Rumah Tangga (PIRT), BPOM dan Halal pada klaster dan UMKM mitra BI Papua Barat.

Konsultan Pengembangan UMKM Kantor Perwakilan Bank Indonesia, Billy Hakim mengatakan, pelatihan dilaksanakan 2 hari, dengan melibatkan  narasumber dari berbagai instansi terkait, seperti dinas kesehatan baik provinsi maupun kabupaten Manokwari, BPOM Papua Barat, kantor Kesehatan Pelabuhan kelas 3, LPPOM, Kadin Papua Barat.

Kegiatan dimaksudkan untuk memberikan penyuluhan kepada klaster dan UMKM mitra binaan BI supaya produk mereka memiliki izin, atau legalitas. Izin sendiri, hanya bisa dikeluarkan oleh Dinas Kesehatan Kabupaten Manokwari, sementara label halal oleh BPOM.

Diharapkan, setelah mendapatkan pelatihan warga khususnya yang ada  di daerah Satuan Pemukiman (SP) dan Ransiki Manokwari Selatan (Mansel), bisa diarahkan sebagai kelompok-kelompok tani yang bisa mengolah lombok (cabe).

Menurut Billy, PIRT harus dilakukan karena setelah diberikan pelatihan produk turunan buah lombok, produk-produk harus punya izin agar bisa dikemas dengan baik dan layak dikonsumsi. “Jika sudah layak, sehat dan dinyatakan boleh dikonsumsi maka klaster dan kelompok tani bisa memiliki penghasilan,” jelasnya.

Dengan begitu, ketika harga Lombok di pasaran sedang turun, produk olahan lombok ini bisa menjadi alternatif penghasilan bagi para petani binaan BI. Otomatis kelompok tani ini bisa mendapatkan penghasilan lain, selain dari penjualan lombok yang mentah, atau bahan baku yang belum jadi.

Program-program BI, sambung Billy, bukan dalam bentuk bantuan tunai, tetapi BI hanya bisa memberikan bantuan teknis, seperti pelatihan untuk peningkatan kapasitas dan pelatihan.

Pelatihan ini diikuti Kampung Danaweria Kabupaten Fakfak, yakni kelompok perempuan yang memproduksi turunan buah pala yang diproduksi menjadi sirup pala, sari maupun jus buah pala. Kemudian, kelompok kerja  binaan Gereja Efata Manggoapi, Manokwari. [CR48-R3] 

Dibaca 319 kali

Tinggalkan Komentar

Yang bertanda bintang (*) wajib diisi. Kode HTML tidak diijinkan.