Muspida Turun Lapangan Masalah Masyarakat Tor Atas Selesai | Pasific Pos.com

| 16 November, 2018 |

Muspida Turun Lapangan Masalah Masyarakat Tor Atas Selesai

Lintas Daerah Written by  Kamis, 13 September 2018 21:07 0
Rate this item
(0 votes)

Sarmi, - Bupati Sarmi Drs E. Fonataba, M.m didampingi, Dandim 1712/Sarmi Letkol Arm Hendra Pasireron S. Sos dan Kapolres Sarmi AKBP Paul Isak serta Muspida bertatap muka dengan tokoh masyarakat dan kepala kampung Tor Atas serta Apawer Hulu dalam rangka menciptakan suasana kondusif pasca terjadinya Laka Lalin yang mengakibatkan terjadinya pemalangan jalan oleh masyarakat Kampung Tor Atas.

Pemalangan jalan oleh masyarakat Kampung Tor Atas bermula saat warganya Thomas Boyar mengalami kecelakaan lalu lintas akibat disenggol oleh ojek yang melintas di depan pasar Sentral Mararena saat menyebrang jalan dan kemudian terjatuh tidak sadarkan diri pada minggu lalu.


Mendengar kejadian kecelakaan lalu lintas yang menimpa warganya, masyarakat Kampung Tor Atas spontanitas bergerak menuju Pasar Sentral Mararena dan melakukan pemalangan jalan karena tidak terima atas kejadian tersebut. Setelah pihak keamanan turun tangan dan berkomunikasi dengan masyarakat, akhirnya pada malam itu juga masyarakat Kampung Tor Atas membuka palang jalan yang saat itu menghentikan arus lalu lintas wilayah setempat.


Masih berkecamuknya permasalahan warga Kampung Tor Atas, menjadi agenda utama Bupati dan Forkompimda Sarmi untuk melakukan cipta kondisi dengan bertemu warga agar tidak terjadi lagi permasalahan akibat kejadian laka lalin tersebut.


Dalam sambutan Bupati Sarmi, Drs E. Fonataba, mengingatkan kepada masyarakat apabila ada kejadian tabrakan maupun perkelahian di wilayah kampung dilarang keras membawa dan menggunakan senjata tajam untuk melampiaskan emosi atas permasalahan yang terjadi.


Bupati menambahkan agar setiap Kepala Kampung yang ada di Sarmi harus peduli turun ke lapangan untuk mengecek dan mengendalikan masyarakatnya serta ikut meredakan kejadian dengan mengajak masyarakat kembali pada situasi yang normal dan kondusif. "Diharapkan kedepan kejadian pemalangan di Kampung ini tidak terjadi lagi dan harus dimusyawarahkan dengan kekeluargaan," tegas Bupati.


Sebagai penanggung jawab keamanan, Kapolres Sarmi AKBP Paul Isak turut pula memberikan sambutannya yang mengatakan bahwa tugas Polisi adalah sebagai pengayom dan pelindung bagi masyarakat. "Oleh karena itu saya mohon kepada warga apabila ada masalah atau kejadian di wilayah, agar dapat dikomunikasikan dan jangan ada lagi pemalangan jalan serta membuat permasalahan lain," ujar Kapolres.


AKBP Paul Isak menegaskan apabila ada anggota Polres yang ditemukan dalam kondisi mabuk maupun pungli, diharapkan masyarakat agar laporkan ke saya dan kita lakukan kerja sama yang baik di lapangan karena menjelang Pileg dan Pilpres kita harus ciptakan suasana yang aman di wilayah kita.


Bersama Bupati dan Kapolres, Dandim 1712/Sarmi Letkol Arm Hendra Pasireron turut pula memberikan pencerahan kepada masyarakat kampung yang mengatakan bahwa dengan adanya kejadian pemalangan jalan kemarin malam, hal ini harus dapat kita ambil hal yang baik agar tidak terjadi lagi di kemudian hari. "Apabila kita mau hidup baik dan aman, saya himbau tidak ada lagi kekerasan yang terjadi di wilayah ini dan saya minta dengan hormat dan tulus apabila ada masalah di wilayah, masyarakat agar jangan pakai kekerasan yang dapat memperkeruh situasi," tutur Hendra.


Mengakhiri rangkaian kegiatan, Bupati Sarmi beserta Dandim dan Kapolres memberikan bantuan sembako kepada masyarakat sebagai wujud perhatian pemerintah daerah kepada masyarakat untuk bekerja sama dalam membangun situasi keamanan di wilayah pasca kejadian pemalangan jalan oleh masyarakat

Read 67 times

Leave a comment

Make sure you enter all the required information, indicated by an asterisk (*). HTML code is not allowed.