Jamaah Haji Kloter 13 Papua Barat Tiba di Tanah Air | Pasific Pos.com

| 21 January, 2020 |

Jamaah Haji Kloter 13 Papua Barat Tiba di Tanah Air

Papua Barat Penulis  Jumat, 07 September 2018 14:22 0
Beri rating artikel ini
(1 Voting)

Makassar – Setelah menunaikan ibadah Haji 1439 di tanah suci Makkah, 447 jamaah Haji kloter 13 Papua Barat tiba di tanah air dan diterima oleh Wakil Gubernur Papua Barat, Mohamad Lakotani, S.H, M,Si di Asrama Haji Sudiang Embarkasi Makassar, Kamis (6/9).

Wakil Gubernur dalam sambutannya mengatakan bahwa pemerintah dan seluruh masyarakat Papua Barat mengucapkan selamat datang kembali di tanah air. Patut bersyukur, karena tiba kembali dalam keadaan sehat wal'afiat, apalagi selama pelaksanan ibadah haji,memasuki musim panas dengan cuaca cukup ekstrim.

Kesuksesan jalannya ibadah haji, Lakotani mengungkapkan, tidak terlepas dari peran panitia penyelenggara ibadah haji (PPIH) dan seluruh pendamping jemaah haji yang telah bekerja keras melayani jemaah haji asal Papua Barat.

Kepala Kantor Wilayah Kementerian Agama Provinsi Papua Barat, Drs.Sudirman Simanihuruk, M.Th menyebutkan, jumlahkeseluruhan jamaah calon haji yang seharusnya berangkat  sebanyak 718 orang. Namun, satu jamaah calon haji asal Raja Ampat terpaksa tidak diberangkatkan karena sakit dan akhirnya meninggal 6 Agutus lalu di Sorong.

Jumlah jamaah haji akhirnya sebanyak 717 merupakan gabungan kloter 13 dan 14. Namun, kembali tidak lengkap karena  satu orang jamaah telah meninggal dunia karena sakit atas nama Aty Yuliana binti Kasmidi, Sabtu 11 Agustus 2018 pukul 18.00 Waktu Arab Saudiasal kloter 14 Manokwari. Jenazah Aty Yuliana akhirnya dimakamkan di Makkah.

Jamaah haji kloter 13 terdiri dari 450 orang, plus 5 petugas yang terdiri dari 1 ketua kloter, 1 pembimbing ibadah, 1 dokter dan 2 perawat. Sesuai hasil pemeriksaan, 2 orang jamaah, yakni dari kabupaten Teluk Wondama dan Kabupaten Raja Ampat menunda keberangkatannya karena sakit.

Bagi jamaah yang sakit, rencana kepulangannya dengan kloter 14 yang diperkirakan tiba di tanah air, pukul 21.55 wita. Sementara kloter 13 sendiri sudah tiba di Makasar pukul 6.30 WITA, dan akan diberangkatkan oleh PPIH ke masing-masing daerah asal, Jumat, (7/9) dini hari.

Sebagiannya, berdasarkan laporan PPIH kab/kota akan kembali ke daerah masing-masing 2 pekan ke depan dan diterima kembali oleh pemda setempat. [BiroHupro-R3] 

Dibaca 525 kali

Tinggalkan Komentar

Yang bertanda bintang (*) wajib diisi. Kode HTML tidak diijinkan.

Trending Topik