Pencapaian Kabupaten Manokwari Dalam Program Imunisasi MR Baru 53,76 Persen | Pasific Pos.com

| 15 November, 2018 |

Pencapaian Kabupaten Manokwari Dalam Program Imunisasi MR Baru 53,76 Persen

Papua Barat Written by  Kamis, 06 September 2018 10:31 0
Rate this item
(0 votes)

Manokwari, TP – Pencapaian program Imunisasi Measles (Campak) dan Rubella (MR) di Kabupaten Manokwari, ternyata masih di bawah target meski sudah sebulan berjalan.

Hingga Selasa (4/9), Kabupaten Manokwari sebagai ibu kota Provinsi Papua Barat, menempati posisi ketiga dari bawah dengan capaian 53,76 persen.

Namun, posisi Kabupaten Manokwari lebih baik dibandingkan Kabupaten Pegunungan Arfak (Pegaf) yang mencapai 41,18 persen dan Kabupaten Kaimana yang mencapai 32,32 persen, sementara 7 kabupaten lain sudah melampaui target, minimal 95 persen.

Kepala Bidang Pencegahan dan Pengendalian Penyakit, Dinas Kesehatan Manokwari, Marthen L. Rantetampang mengaku Kabupaten Manokwari masih menempati posisi 10 dari 13 kabupaten dan kota di Papua Barat, karena ada kendala yang dihadapi petugas di lapangan.

“Kendalanya adalah keyakinan tentang kehalalan vaksin MR sekali pun MUI Pusat telah mengeluarkan surat fatwa Nomor 33 Tahun 2018 tentang vaksin MR tertanggal 20 Agustus 2018,” terang Rantetampang dalam pesan WhatsApp yang diterim  Tabura Pos, Selasa (4/9).

Untuk mengejar pencapaian target minimal 95 persen di pada akhir September, ia menjelaskan, Dinkes sudah menyiapkan beberapa upaya, diantaranya 14 puskesmas melakukan sosialisasi ulang untuk memberi pemahaman, sekaligus melakukan Imunisasi MR terhadap warga yang menolak anaknya diimunisasi.

Di samping itu, puskesmas akan menambah tim untuk melakukan Imunisasi MR dan memberikan dukungan pembiayaan guna meningkatkan capaian Imunisasi MR.

Mengenai penolakan warga, ia mengaku terjadi hampir merata di semua distrik di Kabupaten Manokwari, hanya saja jumlah penduduk terbanyak ada di Kota Manokwari.

“Semakin banyak orang yang paham dan mau anaknya diimunisasi di wilayah kota, saya yakin cakupan akan meningkat dan cakupan minimal 95 persen itu kita bisa dapatkan,” klaim Rantetampang.[BNB***-R1] 

Read 144 times

Leave a comment

Make sure you enter all the required information, indicated by an asterisk (*). HTML code is not allowed.