Berlatar Belakang Parpol, Calon Anggota DPD Wajib Undur Diri | Pasific Pos.com

| 19 April, 2019 |

Berlatar Belakang Parpol, Calon Anggota DPD Wajib Undur Diri

Papua Barat Penulis  Rabu, 29 Agustus 2018 09:53 0
Beri rating artikel ini
(0 voting)

Manokwari, TP – Ketua KPU Provinsi Papua Barat, Amus Atkana menegaskan, sesuai putusan Mahkamah Konstitusi (MK), calon anggota dewan perwakilan daerah (DPD) wajib mengundurkan diri dari partai bagi mereka yang berlatar belakang partai politik (parpol).

Ia menerangkan, pasca-putusan MK bahwa calon anggota DPD yang berlatar belakang parpol, KPU sudah mengeluarkan PKPU Nomor 26 Tahun 2018 yang merupakan perubahan pertama dari PKPU Nomor 14 2017 tentang Pencalonan Anggota DPD.

“Diktum yang ada dalam PKPU adalah mempertegas ketika ada calon anggota DPD yang berlatar belakang partai, wajib mengajukan pemberhentian diri, diserahkan ke KPU sebelum ditetapkan menjadi daftar calon tetap atau DCT,” kata Atkana kepada Tabura Pos di Kantor KPU Provinsi Papua Barat, kemarin.

Atkana mengimbau pengurus parpol atau calon anggota DPD yang berlatar belakang parpol agar segera mengajukan pengunduran diri dari parpol, karena DPD merupakan utusan daerah.

“Anggota DPD tidak boleh terlibat dalam partai politik mana pun sesuai putusan MK. Jadi, calon anggota DPD yang berlatar belakang partai politik, wajib mengundurkan diri,” pungkas Atkana. [CR47-R1] 

Dibaca 235 kali

Tinggalkan Komentar

Yang bertanda bintang (*) wajib diisi. Kode HTML tidak diijinkan.