Mahasiswa Uncen Gelar Protes di Mapolres Kota Jayapura | Pasific Pos.com

| 16 November, 2018 |

Rektor Uncen Apolo Safanto ST.MT saat menemui para mahasiswanya yang berada di luar pagar Mapolres Jayapura kota. Rektor Uncen Apolo Safanto ST.MT saat menemui para mahasiswanya yang berada di luar pagar Mapolres Jayapura kota.

Mahasiswa Uncen Gelar Protes di Mapolres Kota Jayapura

Headline Written by  Jumat, 17 Agustus 2018 20:29 font size decrease font size increase font size 0
Rate this item
(0 votes)

Jayapura, - Malam telah larut namun tak menyurutkan semangat puluhan mahasiswa Universitas Cendrawasih melakukan protes di Mapolres Kota Jayapura Kamis (16/8).

Protes mahasiswa ini karena diamankannya Fery Kombo ( Ketua Bem Uncen ) dan Agus Helembo ( Ketua Panitia Ospek Uncen ) terkait kasus Ospek yang berbau Papua Merdeka.


Menyikapi aksi tengah malam ini, Brigjen Pol Yakobus Mardjuki (Wakapolda Papua), Apolo Safanto ST.MT (Rektor Uncen), Kombes Pol Patrige Renwarin SH.S.IK (Dirintel Polda Papua) pun tiba di Mapolres.


Menjelang pukul 22.30 WIT Apolo Safanto ST.MT (Rektor Uncen), Kombes Pol Patrige Renwarin SH.S.IK (Dirintel Polda Papua) didampingi AKBP Gustaf R Urbinas SH.S.IK (Kapolres Jayapura Kota) dan Letkol Inf Nova Ismailiyanto S.Ip (Dandim 1701/Jayapura) menemui Fery Kombo dan Agus Helembo di ruang reskrim untuk melihat keadaan keduanya.


Rektor Temui Mahasiswa


Usai bertemu dengab Fery Kombo dan Agus Helembo, Rektor Uncen Apolo Safanto ST.MT menemui para mahasiswanya yang berada di luar pagar Mapolres Jayapura kota.


"Saya telah bertemu dengan Kapolres Jayapura Kota, Wakapolda Papua, dan telah menanyakan terkait ditangkapnya ketua Bem Uncen Feri Kombo yang mana penangkapan informasi masalah penangkapan itu salah yang benar adalah Feri Kombo dimintai keterangan terkait kejadian sebenarnya pada saat ospek mahasiswa baru di Uncen," ujar Safanpo.


Safanpo pun menegaskan bahwa kondisi keduanya aman dan baik baik saja. "Saya juga telah bertemu dengan Fery Kombo (Ketua Bem Uncen ) dan Agus Helembo (Ketua Panitia Ospek Uncen ), mereka hanya ditanya dengan baik terkait kejadian sebenarnya pada saat Ospek Uncen dan saat dimintai keterangan mereka tidak dilukul tetapi hanya dimintai keterangan dengan baik," ujar Safanpo dengan tegas.


Safanpo pun menghimbau agar mahasiswa nya ini tidak melakukan hal-hal yang melanggar hukum. "Saya minta agar mahasiswa yang datang kesini tidak membuat keributan dan sebentar lagi saya akan kembali ke dalam dan menandatangani surat pernyataan agar bisa membawa pulang teman kalian. Saya meminta mahasiswa setelah ini pulang ke rumah masing masing dengan aman dan fokus untuk belajar karena kalian adalah penerus kami dan orang tua kalian di kampung hanya ingin melihat kalian berhasil supaya ada kebanggan di hati mereka," tegasnya.


Fery Kombo dan Agus Helembo Dipulangkan Usai Tandatangan Surat Pernyataan


AKBP Gustaf R Urbinas SH.S.IK selaku Kapolres Jayapura Kota menyatakan bahwa tugas pihak kepolisiab adalah melakukan tindakan untuk kebutuhan mengambil data keterangan tentang apa yang terjadi selama kegiatan penerimaan mahasiswa baru di Uncen. "Setelah memberi keterangan kedua pelaksana di lapangan kami minta menanda tangani surat pernyataan dan bersama Rektor Uncen dan kemudian bisa kembali ke rumah masing-masing," ujar Kapolresta.


Usai penandatanganan surat pernyataan Rektor Uncen Apolo Safanto ST.MT menyampaikan terima kasih atas kerjasama pihak Kepolisian dan Kodim. "Saya atas nama Uncen mengucapkan banyak terima kasih kepada bapak Kapolres dan Dandim atas perlakuan yg baik kepada anak kami dan keterangan yang minta untuk membantu kapolres dalam proses penyelidikan Kasus Ospek di Uncen. Terima kasih kepada Kapolda dan Wakapolda Papua yang memberikan kedua anak kami untuk kembali ke kampus untuk melanjutkan studi karena mereka anak anak kami untuk masa depan menjadi penerus bangsa," ujar Rektor.


Pada kesempatan ini Rektor pun berjanji tidak akan terulang lagi kejadian yang sama di lingkungan kampus Uncen. "Kedepan saya akan pastikan tidak ada kegiatan yang sama terjadi lagi di lingkungan Uncen," ujar Rektor.


Usai penantanganan surat pernyataan, tampak Fery Kombo dan Agus Helembo bersama rektor dalam satu mobil kembali ke rumah masing masing.

Read 230 times

Leave a comment

Make sure you enter all the required information, indicated by an asterisk (*). HTML code is not allowed.