SAR Jayapura Gelar Media Gathering dan Simulasi Pertolongan di Air | Pasific Pos.com

| 18 November, 2018 |

Suasana Simulasi pertolongan korban di Air oleh anggota SAR. Suasana Simulasi pertolongan korban di Air oleh anggota SAR.

SAR Jayapura Gelar Media Gathering dan Simulasi Pertolongan di Air

Kabupaten Jayapura Written by  Senin, 13 Agustus 2018 18:23 font size decrease font size increase font size 0
Rate this item
(0 votes)

SENTANI - Untuk mengantisipasi bencana yang bisa terjadi kapan saja, Kantor SAR Jayapura menggelar simulasi pertolongan di air yang difokuskan di Danau Sentani.

Simulasi mencari dan menyelamatkan dua korban yang jatuh di Danau Sentani tersebut, dilaksanakan Sabtu (11/8/18) pagi yang dirangkai juga dengan acara Media Gathering yang dihadiri media massa baik cetak, elektronik maupun online.


Kepala Kantor SAR (Pencarian dan Pertolongan) Jayapura, Putu Arga Sujarwadi, S.H., M.M., kepada wartawan usai kegiatan simulasi menjelaskan, simulasi tersebut merupakan kesiapan Kantor SAR Jayapura dalam menghadapi tanggap darurat bencana yang bisa terjadi sewaktu-waktu di Kabupaten Jayapura.


Melihat situasi sekarang dan juga kondisi cuaca yang begitu ekstrim saat ini, sehingga kami Kantor SAR Jayapura melaksanakan simulasi untuk kegiatan pelatihan pertolongan di air khususnya sekarang difokuskan di Danau Sentani. Karena melihat posisi danau dekat dengan bandar udara (Bandara) Sentani untuk mengantisipasi hal-hal yang tidak diinginkan, maka itu kita melakukan simulas pertolongan di air, terang Putu Arga Sujarwadi.


Menurut Putu, simulasi ini dilakukan di air ini dengan mengasumsikan ada dua orang korban dengan menggunakan alat-alat seperti RIB (Right Inflatable Boat) dan juga ATV Amphibius untuk melakukan evakuasi.


Sehingga dalam proses evakuasi kami pada saat teknik menggunakan pertolongan di air, memindahkan korban di air dengan alat yang digunakan adalah Right Inflatable Boat (RIB) dengan cara mengecek korban dan melakukan pertolongan pertama atau medical first respon, ucapnya.


Cara-cara menolong korban pada saat pertolongan pertama ini, untuk mengcek kondisi korban setelah kondisi korban adalah diveksasi, diamankan dan distabilkan. Sehingga saat dibawah ke darat atau ke tempat aman, yang kebetulan tempat aman di darat itu jangkauannya agak jauh, maka kami gunakan ATV Amphibius guna menghubungkan sarana baik yang bisa di darat atau di laut, sambung Putu Arga Sujarwadi.


Pleatihan atau simulasi pertolongan di air yang dirangkai dengan media gathering tersebut, mengambil tempat langsung di alam dengan suasana kekeluargaan, itu diharapkan bisa mendekatkan masyarakat atau media dengan Kantor SAR Jayapura. Terkadang ketemu hanya di medan atau alam yang tidak sesuai dengan harapan bersama namun bisa mensosialisasikan simulasi langsung di lingkunga sekitar.


Putu Arga Sujarwadi mengharapkan, media dapat menjadi bahan komunikasi dan corong informasi pada saat mensharing kegiatan-kegiatan yang dilakukan oleh Kantor SAR Jayapura, yang menjadi tugas pokok pencarian dan pertolongan evakuasi atau mengamankan material maupun keadaan yang membahayakan manusia.


Sehingga dengan adanya kegiatan media gathering dan simulasi ini, kami berharap media menjadi sumber informasi dan juga sharing kegiatan-kegiatan kami itu bisa menjadi bahan informasi yang dilakukan Kantor SAR Jayapura, tukasnya.

Read 80 times

Leave a comment

Make sure you enter all the required information, indicated by an asterisk (*). HTML code is not allowed.