Tim Ekspedisi Papua Terang Survei 292 Desa | Pasific Pos.com

| 20 October, 2018 |

Tim Ekspedisi Papua Terang. Tim Ekspedisi Papua Terang.

Tim Ekspedisi Papua Terang Survei 292 Desa

Info Papua Penulis  Kamis, 09 Agustus 2018 15:56 0
Beri rating artikel ini
(0 voting)

Jayapura – Tim Ekspedisi Papua Terang berhasil mensurvei 292 desa/kampung di Papua dan Papua Barat dalam waktu satu pekan.

Direktur Bisnis Regional Maluku dan Papua PT PLN, Ahmad Rofik mengapresiasi upaya dari tim tersebut yang melaksanakan tugas untuk mepercepat kelistrikan di Papua.


“Desa/kampung yang telah disurvei lebih dari 50 persen yang ditargetkan, ini atas bantuan digital map dari Lembaga Penerbangan dan Antariksa Nasional (Lapan), jumlah desa terus berkembang sesuai kondisi di lapangan, “ucap Rofik melalui siaran pers, Rabu (8/8).


Rofik tak menampik kondisi geografis dan sosial di Papua menjadi tantangan bagi tim selama melaksanakan survey. Untuk mencapai salah satu desa/kampung di Kabupaten Lanny Jaya, tim melalui jalanan darat sekitar 4 jam dari Posko Wamena menuju Ibukota Tiom.


“Jalan merupakan tanah basah yang sulit dilalui oleh kendaraan bermotor. Kami berupaya agar survey yang dilakukan memperoleh data akurat sehingga dapat mempercepat pembangunan infrastruktur kelistrikan masyarakat disana, “paparnya.


Selain kondisi demografi, tim juga mensurvei titik koordinat desa dan potensi energi baru terbarukan di desa tersebut. Potensi pembangkit hydro dari sungai maupun potensi energi surya.


Hasil survey akan diolah kembali hingga akhir September menjadi gambar desain dan rincian kebutuhan material untuk setiap sistim kelistrikan desa yang akan dibangun.


Ekspedisi Papua Terang melibatkan 500 peserta terdiri dari mahasiswa dari lima perguruan tinggi negeri di Indonesia yakni Institut Teknologi Bandung (ITB), Institut Teknologi Sepuluh November (ITS), Universitas Cenderawasih (Uncen), dan Universitas Gajah Mada (UGM), pegawai PLN dan TNI AD.


Mahasiswa ITB, Hamzah Imanul Haq, satu dari ratusan peserta tim mengaku antusias terlibat dalam program PLN tersebut. Dia menuturkan, survey yang dilakukan memberikan pengalaman berharga bagi dirinya lantaran dapat mengetahui kehidupan masyarakat di Papua.


“Masyarakat Papua ramah dan terbuka sehingga survey berjalan baik, dan seluruh tim bekerja dengan kompak dan saling membantu, “ucapnya. (Zulkifli)

Dibaca 184 kali

Tinggalkan Komentar

Yang bertanda bintang (*) wajib diisi. Kode HTML tidak diijinkan.

INDEX