Kopi Ambaidiru Memiliki Nilai Ekonomi yang Tinggi | Pasific Pos.com

| 26 May, 2019 |

Kopi Ambaidiru Memiliki Nilai Ekonomi yang Tinggi

Ekonomi & Bisnis Penulis  Rabu, 08 Agustus 2018 19:12 0
Beri rating artikel ini
(1 Voting)

Nussy : Ini Harus Mendapatkan Perhatian Dari Pemerintah

 

 

Jayapura, - Anggota DPR Papua dari jalur pengangkatan wilayah adat Seireri, Yonas Alfons Nussy menginginkan, dalam pengembangan komoditi kopi yang ada di Kepulauan Yapen khususnya Kopi Ambaidiru memiliki nilai ekonomi yang sangat tinggi, Sehingga harus mendapat perhatian yang besar dari pemerintah.

Pasalnya, kopi Ambaidiru adalah jenis kopi Rubusta yang juga sebagai komoditi unggulan di Kepulauan Yapen, memiliki potensi besar bagi kebangkitan ekonomi kerakyatan di daerah tersebut maupun di Papua secara luas.


Hanya saja kata Nussy, dalam pengembangan komoditi kopi yang memiliki nilai ekonomi ini harus mendapatkan perhatian dari Pemkab setempat maupun Pemprov.


"Artinya, dalam pemberdayaan ekonomi melalui komoditi kopi, pembinaan petani kopi, sekaligus membuat lahan baru untuk peremajaan komoditi ini harus dilakukan," kata Yonas Nussy kepada Pasific Pos, baru-baru ini.


Apalagi lanjut Nussy, dari pemantauan, mereka (petani kopi) ini sudah meningkatkan mutu produksi, penanaman, dan peremajaan, serta penjualan kopi yang sangat baik.


"Tapi di sisi lain, kondisi daerah, termasuk pembangunan infrastruktur membuat petani kopi menjadi kurang semangat dalam menjalankan profesinya ini,” ungkapnya.


Menurutnya, sebagai lembaga yang juga menjalankan fungsi pengawasan, DPR Papua yang memahami kondisi ini segera turun ke lapangan untuk memberikan motivasi bagi para petani kopi yang notabene memegang peranan penting, bukan hanya dalam pengembangan kopi sebagai suatu komoditi, melainkan juga dalam memompang pendapatan asli daerah di Kepulauan Yapen maupun di Papua secara umum.


“Petani kita perlu dimotivasi dengan pelatihan-pelatihan, terlebih terkait bagaimana membuat lahan baru untuk peremajaan kopi itu sendiri, serta langkah-langkah membuat produk dengan nilai ekonomi yang tinggi, agar bisa baik secara kualitas. Sehingga dapat dipasarkan di level daerah, nasional, bahkan internasinoal,” paparnya. (TIARA)

Dibaca 272 kali

Tinggalkan Komentar

Yang bertanda bintang (*) wajib diisi. Kode HTML tidak diijinkan.

INDEX