Pemda Kabupaten diminta Bentuk LPPL | Pasific Pos.com

| 16 August, 2018 |

Pemda Kabupaten diminta Bentuk LPPL

Info Papua Penulis  Kamis, 19 Juli 2018 00:46 0
Beri rating artikel ini
(0 voting)

Jayapura,- Pemerintah kabupaten diminta untuk membentuk Lembaga Penyiaran Publik Lokal (LPPL). Mengingat industri penyiaran sangat strategis bagi terlaksananya pemerataan informasi kepada seluruh masyarakat Papua.

Penegasan itu disampaikan Asisten Bidang Pemerintahan Papua, Doren Wakerkwa, di kegiatan sosialisasi pendirian LPPL, Rabu (18/7/2018).

Dikatakan, penyiaran dan internet telah menjadi trend saat ini, karena untuk dapat mengakses layanan telekomunikasi penyiaran pada suatu jaringan dan perangkat yang sama.

Oleh karena itu, pemerintah mempunyai andil yang besar dalam membangun infrastruktur di bidang penyiaran, yakni dengan mendirikan LPPL di beberapa daerah yang belum memiliki RRI/TVRI dalam rangka mengakses informasi kepada masyarakat.

Ia menjelaskan, posisi Komisi Penyiaran Indonesia Daerah sebagai regulator penyiaran tugasnya bukan hanya sebagai pengawas siaran, namun juga ikut menata sistem penyiaran. Salah satu indikatornya adalah kesamaan pemberian pelayanan perizinan di seluruh KPID Papua.

Dia menambahkan, KPID sebagai presentasi publik berfungsi mengawal proses pelaksanaan perizinan ke arah yang lebih baik. Salah satunya dengan memberikan jaminan hak masyarakat mendapatkan pelayanan yang sama dalam kaitan pendirian lembaga penyiaran.

Sementara Ketua Komisi Penyiaran Indonesia Daerah Papua, Jack Sobuber menekankan daerah yang belum ada RRI/TVRI wajib mendirikan LPPL guna menyebarluaskan informasi secara independent.

"Jadi LPPL harus dibangun dengan menggunakan APBD, sehingga bisa menyiarkan program yang mendidik masyarakat sehingga tidak boleh terjadi penyiaran-penyiaran yang sifatnya provokasi masyarakat," katanya.

Ia tekankan, LPPD memiliki hak untuk menyebarluaskan informasi tentang pembangunan di suatu daerah, sehingga kalau memang di suatu daerah yang pemerintahannya atau program-program tidak berjalan baik, setidaknya lembaga penyiaran mengur dan menginformasikan lewat pemberitaan.

Dibaca 66 kali

Tinggalkan Komentar

Yang bertanda bintang (*) wajib diisi. Kode HTML tidak diijinkan.