Danrem 172/PWY Kunjungi Kotis Satgas Yonif 644 RK/WLS di Senggi | Pasific Pos.com

| 16 August, 2018 |

Danrem 172/PWY Kunjungi Kotis Satgas Yonif 644 RK/WLS di Senggi

Lintas Daerah Penulis  Rabu, 18 Juli 2018 02:35 0
Beri rating artikel ini
(0 voting)

Jayapura, Komandan Korem (Danrem) 172/PWY Kolonel Inf J. Binsar Parluhutan Sianipar yang juga menjabat sebagai Dankolaops, melakukan kunjungan kerja ke jajaran Kolaops korem 172/PWY Satgas Pamtas Yonif 644 RK/WLS yang berada di distrik Senggi kabupaten Keroom.

Dandrem tampak didampingi Kasiren Korem, Kasiops Korem, Dandenhub Rem, dan Kapenrem.

Mengawali kunjungan kerja tersebut, Danrem 172/PWY didampingi Dansatgas dan Staf Kolaops Rem, meninjau kondisi bangunan Pos Kotis Satgas Pamtas Yonif 644 RK/WLS yang dimulai dengan meninjau tempat tinggal prajurit, dapur, sarana ibadah, dan sarana lain yang digunakan dalam mendukung operasional satgas.

Meskipun dihadapkan dengan kendala dan keterbatasan sarana prasarana, satgas Pamtas Yonif 644 RK/WLS berupaya meminimalisir setiap kekurangan yang ada dengan swadaya satuan agar tidak mempengaruhi tugas pokok untuk mengamankan wilayah perbatasan yang tersebar dari kabupaten Keroom hingga kabupaten Pegunungan Bintang.  

Setelah meninjau bangunan Pos Kotis Satgas, selanjutnya Danrem beserta Kepala Distrik dan Tokoh masyarakat bersosialisasi tentang perkembangan situasi pembangunan di wilayah Distrik Senggi. Disampaikannya bahwa Distrik Senggi memiliki prospek yang tinggi dalam pembangunan wilayah ke depan. Hal tersebut dibuktikan dengan adanya bangunan bandara udara yang dapat digunakan sebagai sarana transportasi masyarakat apabila dikembangkan pembagunannya oleh pemerintah daerah sehingga akan memudahkan masyarakat Distrik Senggi dalam membangun kesejahteraan perekonomian masyarakat.  

Selain itu, kepala distrik Senggi, Yonas Nak, S.H menyampaikan pula berbagai kendala-kendala yang dialami di wilayahnya dan berharap lemerintah daerah dapat lebih memperhatikan perkembangan pembangunan di wilayah distrik Senggi yang sebagian besar penduduknya merupakan masyarakat transmigrasi.

 Berbagai persoalan pembangunan daerah yang ada di distrik Senggi telah banyak disampaikan kepada pemerintah daerah  namun lemerintah daerah belum merealisasikannya.

Disamping persoalan pembangunan wilayah, kendala akan jaringan komunikasi dan internet Telkom di wilayah Distrik Senggi belum sepenuhnya memadai sehingga banyak menghambat dan mempengaruhi kinerja pemerintahan kampung dalam hubungan masyarakat. Hal tersebut seperti yang dikatakan oleh Dansatgas Pamtas Yonif 644 RK/WLS Letkol Inf Gede Setiawan melalui sambutannya dalam kunjungan kerja  Danrem 172/PWY saat itu, dijelaskannya bahwa terbatasnya jaringan Komunikasi dan internet merupakan kendala utama dalam memonitor perkembangan situasi dan kondisi wilayah di masing-masing Jajaran Pos Satgas yang tersebar.  Meskipun diupayakan dengan sarana radio Satgas untuk komunikasi, namun dalam operasionalnya tidak maksimal dihadapkan dengan dislokasi dan kondisi geografis jajaran Pos Satgas yang sangat kompleks.

"Disatu sisi, tugas dan tanggung Jawab Satgas Pamtas Yonif 644 RK/WLS begitu besar yaitu dengan mengamankan 13 patok batas wilayah yang tersebar di wilayah kabupaten Keroom dan kabupaten Pgunungan Bintang, sehingga seringkali mengalami putus komunikasi ketika melaksanakan patroli patok batas wilayah," ujar Dansatgas Letkol Inf. Gede Setiawan.

Namun demikian, Dansatgas Letkol Inf Gede Setiawan telah berinisiatif melalukan Komando Pengendalian dengan mengunjungi Pos-Pos Satgas yang hanya bisa dilalui angkutan udara Hely, memanfaatkan waktu pelaksanaan dorongan logistik sambil meninjau kondisi wilayah dan keberadaan anggota satgas sekaligus memberikan dukungan moril bagi jajarannya yang berada di Pos Udara.

Danrem 172/PWY selaku Dankolaops, turut merasakan pula setiap kendala yang dihadapi Satgas Pamtas Yonif 644 RK/WLS dan jajarannya. Dikatakannya bahwa sekalipun dihadapkan dengan hambatan persoalan sarana prasarana yang belum terdukung, namun setiap anggota satgas agar tetap melaksanakan tugasnya dengan penuh semangat dan waspada atau tidak pernah lengah dalam situasi apapun. "Salah satu tugas yang paling utama dan harus tetap di tingkatkan yaitu tugas Binter dalam upaya untuk meningkatkan pembangunan wilayah dan mensejahterakan kehidupan masyarakat.  Karena dengan kegiatan Binter, akan dapat menyatukan TNI dengan masyarakat untuk saling berinteraksi dalam setiap tugas, sehingga akan terbentuk kerjasama yang baik untuk sama-sama menciptakan ketahanan wilayah yang kondusif dan dinamis, ujar Dandrem.

 Sebelum mengakhiri kunjungannya, Danrem 172/PWY Kolonel Inf J. Binsar Parluhutan Sianipar melaksanakan penanaman Pohon Duren dihalaman Pos Kotis Satgas dengan didampingi Dansatgas dan di saksikan oleh jajaran Staf Kolaops Rem. Kegiatan tersebut merupakan tradisi bagi satuan penugasan yang dikunjungi oleh Dankolaops ataupun Pangkolaops.  

Setelah mengunjungi Pos Satgas Pamtas Yonif 644 RK/WLS, selanjutnya Danrem bersama rombongan mengunjungi Koramil 1701-06/Senggi yang letaknya tidak berjauhan dengan Pos Kotis Satgas. Meskipun kunjungan ke Koramil 1701-06/Senggi hanya sebentar, namun Danramil Kapten Inf Wahyu dan jajaran Babinsanya sangat antusias menyambut kedatangan Danrem di Koramilnya.  

Danrempun menyempatkan diri untuk meninjau kondisi bangunan Koramil yang dibuat dengan sederhana model rumah panggung, mulai dari bangunan kantor, rumah anggota Koramil dan sarana prasarana.

" Danramil diharapkan dapat berinovatif untuk membangun koramilnya serta meningkatkan hubungan kerja sama yang baik dengan aparat pemerintah daerah dan masyarakat," pesan Dandrem.

Dibaca 48 kali

Tinggalkan Komentar

Yang bertanda bintang (*) wajib diisi. Kode HTML tidak diijinkan.