Perkuat Program KMA Adat, Pemkab Jayapura Audiens Dengan AMAN | Pasific Pos.com

| 25 September, 2018 |

Suasana Audiens antara Pemkab Jayapura dan AMAN di Aula Lantai II Kantor Bupati, Gunung Merah Sentani, Rabu (11/7/18) Siang yang disaksikan oleh Bupati Jayapura, Mathius Awoitauw. Suasana Audiens antara Pemkab Jayapura dan AMAN di Aula Lantai II Kantor Bupati, Gunung Merah Sentani, Rabu (11/7/18) Siang yang disaksikan oleh Bupati Jayapura, Mathius Awoitauw.

Perkuat Program KMA Adat, Pemkab Jayapura Audiens Dengan AMAN

Kabupaten Jayapura Penulis  Rabu, 11 Juli 2018 22:16 font size decrease font size increase font size 0
Beri rating artikel ini
(0 voting)

SENTANI – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Jayapura dari waktu ke waktu terus berupaya memperkokoh program unggulannya yaitu, program Kebangkitan Masyarakat Adat (KMA). Apalagi di tahun ini KMA masuk tahun ke-4
Salah satu upaya yang dilakukan oleh Pemerintah Kabupaten Jayapura adalah, menggelar audiens bersama Aliansi Masyarakat Adat Nusantara (AMAN) di Aula Lantai II Kantor Bupati Jayapura, Gunung Merah Sentani, Rabu (11/7/18) Siang.

“Audiens dengan AMAN yang kami lakukan ini adalah bagian dari upaya memperkuat eksistensi program Kebangkitan Masyarakat Adat yang telah kami canangkan empat tahun lalu,” ujar Bupati Jayapura, Mathius Awoitauw, SE, M.Si dalam arahannya di hadapan puluhan Dewan Pengurus Pusat (DPP) AMAN.


Bupati menyampaikan terima kasih dan apresiasi yang tinggi kepada AMAN yang telah memilih Kabupaten Jayapura sebagai satu-satunya kabupaten dari sejumlah kabupaten/kota di Papua yang dikunjungi sekaligus menggelar audiens bersama.


Dikatakan, AMAN tentunya memiliki sejumlah alasan mengapa memilih Kabupaten Jayapura sebagai sebuah daerah di Papua yang harus di kunjungi. Selain itu, AMAN juga telah memiliki pemetaan wilayah di mana hak-hak adat di proteksi maka kesitulah tujuan kunjungan AMAN di tujukan.


“Kami merasa ini (kunjungan AMAN-red) sebagai sebuah kehormatan. Sebab AMAN merupakan wujud dari seluruh masyarakat adat se nusantara. Kami merasa bahwa kunjungan AMAN ini seperti kunjungan seluruh masyarakat adat nusantara,” tandasnya.


Di tempat yang sama, Sekretaris Jendral (Sekjen) DPP AMAN, Rukka Sombolinggi menjelaskan bahwa pada dasarnya, pihak AMAN memberikan apresisi dan penghargaan yang tulus kepada Pemerintah Kabupaten Jayapura dalam hal ini Bupati Jayapura, Mathius Awoitauw, SE, M.Si yang mana dalam kebijakannya telah memberikan ruang kepada masyarakat adat untuk membangun daerah.


“Di Indonesia ini, sangat langkah kita temui masyarakat adat di berikan ruang. App yang telah di lakukan oleh bapa bupati Jayapura yang telah memprogramkan kebangkitan masyarakat adat adalah suatu langkah maju dalam melindungi dan memproteksi hak-hak dasar masyarakat adat,” ujar Rukka.


Dirinya menyebutkan, pihak AMAN telah mendengar dan mengikuti bahwa keberpihakan Pemerintah Kabupaten Jayapura terhadap masyarakat adat sangat baik. Keberpihakan seperti ituyang dihartapkan oleh AMAN untuk di terapkan di sejumlah daerah di nusantara ini.


Ditambahkan, hasil audiens dengan Pemerintah Kabupaten Jayapura dan masyarakat adat setempat akan di bawa oleh pihaknya ke Jakarta untuk di jadikan sebagai materi dalam melakukan penataan program AMAN senusantara pada waktu-waktu mendatang.

Dibaca 84 kali

Tinggalkan Komentar

Yang bertanda bintang (*) wajib diisi. Kode HTML tidak diijinkan.