Realisasi APBN 2018 di Papua Masih Rendah | Pasific Pos.com

| 22 July, 2018 |

Kepala Dirjen Perbendaharaan Provinsi Papua, Syarwan. Kepala Dirjen Perbendaharaan Provinsi Papua, Syarwan.

Realisasi APBN 2018 di Papua Masih Rendah

Info Papua Penulis  Senin, 09 Juli 2018 21:05 0
Beri rating artikel ini
(0 voting)

 

Jayapura – Kepala Direktorat Jenderal Perbendaharaan Provinsi Papua, Syarwan mengatakan, realisasi Anggaran Pendapatan Belanja Negara (APBN) di Provinsi Papua masih rendah yakni 30 persen pada semester satu tahun 2018.

Angka itu, kata Syarwan, berada di bawah nasional yakni 34 persen walau naik dibandingkan tahun 2017 sebesar 28 persen.


“Ada beberapa satuan kerja (satker) di pemerintah kabupaten, kota dan provinsi yang mendapat APBN masih nol persen, seperti Sekretariat Daerah Provinsi Papua, Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia, Dinas Pendidikan Provinsi Papua, Dinas Kesehatan Provinsi Papua, Dinas Kehutanan, “jelas Syarwan, di Kota Jayapura, Jumat (6/7/2018).


“Lalu, Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda) Provinsi Papua dan Badan Perpustakaan dan Arsip Daerah, ini semua masih nol persen realisasinya, yang bagus Dinas Ketahanan Pangan Provinsi Papua realisasi 77 persen, “kata Syarwan menambahkan.


Syarwan mengatakan, setiap tahun realisasi APBN oleh satuan kerja hingga Juni selalu rendah, sebab pola yang digunakan tak berbeda dengan tahun sebelumnya.


Di Papua, kata Syarwan, karakter belanja modal untuk infrastruktur realisasinya baru optimal pada semester kedua atau triwulan ketiga dan awal triwulan keempat.


“Di luar belanja modal, ada juga belanja barang sampai akhir tahun memang di Papua selalu terendah penyerapannya. Porsi belanja barang cukup besar 25-30 persen dari total alokasi anggaran. Penyerapan belanja barang 88-90 persen, “paparnya.

Dibaca 55 kali

Tinggalkan Komentar

Yang bertanda bintang (*) wajib diisi. Kode HTML tidak diijinkan.

INDEX