Susun Tesis, Mahasiswa University Stirling London Penelitian di Papua | Pasific Pos.com

| 21 October, 2018 |

Kepala Badan Sumber Daya Manusia Provinsi Papua, Zakarias Giay Kepala Badan Sumber Daya Manusia Provinsi Papua, Zakarias Giay

Susun Tesis, Mahasiswa University Stirling London Penelitian di Papua

Pendidikan & Kesehatan Penulis  Rabu, 04 Juli 2018 16:20 0
Beri rating artikel ini
(0 voting)

JAYAPURA,- Delapan mahasiswa asal Papua yang menempuh pendidikan di University Stirling London, Skotlandia akan melakukan penelitian di Provinsi Papua.

Kepala Badan Sumber Daya Manusia Provinsi Papua, Zakarias Giay, ketika dikonfirmasi disela-sela mendampingi para mahasiswa berkunjung ke stadion Papua Bangkit, mengatakan, mahasiswa Papua yang kuliah di pendidikan di University Stirling London sebanyak 10 orang.


Namun, hanya delapan orang yang balik ke Papua untuk melakukan penelitian. Ya, mereka penelitian untuk menyelesaikan tesis (karya tulis ilmiah) untuk mendapatkan gelar kesarjanaannya,” katanya.


Menurutnya, dua mahasiswa yang tidak bisa datang ke Papua karena sakit. “ada dua mahasiswa yang sakit tidak bisa datang ke Papua untuk menyelesaikan tesisnya, mereka punya visa tidak keluar karena masalah kesehatan,” ujar Giay kepada wartawan, Rabu kemarin.


Ia mengatakan, mahasiswa Papua yang kuliah di Universitas negeri berbasis riset yang berkedudukan di Skotlandia itu, dibiayai oleh Pemerintah Provinsi Papua, dan mereka (mahasiswa) adalah pegawai negeri dari beberapa dinas, seperti pegawai di Perindag, Biro Perekonomian maupun guru.


Zakarias mengatakan, dalam melakukan penelitian mereka akan didampingi oleh dosennya Brian Manikin. Dan dosen mereka ini sudah beberapa kali berkunjung ke Papua.


Lanjutnya, penelitian dari mahasiswa akan selesai bulan Agustus, kemudian mereka kembali ke Inggris dan direncanakan mereka akan wisuda pada November 2018 mendatang. “kita harapkan ketika mereka selesai harus kembali dan membangun Papua,” harapnya.


Selain itu, kata Zakarias, para mahasiswa pegawai negeri yang dibiayai pemerintah melalui Badan Sumber Daya Manusia (SDM) akan dilibatkan dalam mensukseskan Pekan Olahraga Nasional (PON) XX tahun 2020 Papua.


Sebab, Gubernur Papua sudah tegaskan kepada setiap Organisasi Perangkat Daerah (OPD) harus berkontribusi dalam mensukseskan PON, sehingga pegawai-pegawai dari setiap OPD yang kita kirim keluar negeri harus kembali dan membantu pemerintah mensukseskan PON. Karena PB PON Papua membutuhkan banyak volenteer untuk PON nanti.

Dibaca 140 kali

Tinggalkan Komentar

Yang bertanda bintang (*) wajib diisi. Kode HTML tidak diijinkan.