Kapolda Harap Masyarakat Tidak Terpancing Isu dan Hasutan saat Pilkada | Pasific Pos.com

| 18 October, 2018 |

Kapolda Papua, Irjen Pol Boy Rafli Amar. Kapolda Papua, Irjen Pol Boy Rafli Amar.

Kapolda Harap Masyarakat Tidak Terpancing Isu dan Hasutan saat Pilkada

Info Papua Penulis  Sabtu, 23 Jun 2018 00:30 0
Beri rating artikel ini
(0 voting)

JAYAPURA, - Terkait dengan perang suku yang diinformasikan akan dilakukan oleh salah satu pasangan calon (paslon) yakni Repinus Telenggen-David Onggomang yang tidak lolos sebagai peserta Pilkada Kabupaten Puncak, Kapolda Papua, Irjen Pol Boy Rafli Amar meminta kedua pihak ini untuk tidak melakukan rencana tersebut. Ia juga meminta masyarakat Kabupaten Puncak agar tidak terhasut oleh ajakan yang berpotensi mencederai jalannya Pilkada.

Hal ini diungkapkan Kapolda Papua usai menghadiri pembukaan Bhayangkara Offroad Championship 2018 yang dilaksanakan di Sirkuit Offroad IOF Pengda Papua yang berada Jalan Baru Youtefa, Kota Jayapura, Jumat (22/6) siang.


"Semua ada ketentuannya dan sudah melalui proses Panwas dan juga melalui proses hukum. Kita hormati itu. Saran saya, jangan lakukan hal demikian (perang suku -red) dan saya harap masyarakat mendukung pelaksanaan Pilkada yang demokratis dan nermartabat," ungkap Boy Rafli Amar.


Dirinya menegaskan, kepolisian akan tetap mencegah terjadinya perang suku akibat kekecewaan Paslon Repinus Telenggen-David Onggomang yang tidak lolos sebagai peserta dalam Pilkada Kabupaten Puncak. Kapolda pun menyarankan kepada pihak yang belum menerima keputusan itu agar menempuh jalur hukum.


"Yang terpenting kita berusaha untuk cegah aksi itu dan apabila ada yang kecewa saya saranin untuk tempuh jalur hukum yang ada," tegasnya.


Belakangan diputuskan, pleno KPU Puncak, Senin (12/3/2018) malam menetapkan Willem Wandik-Alus Murib sebagai Paslon tunggal peserta Pilkada Kabupaten Puncak. Sedangkan Repinus Telenggen-David Onggomang dinyatakan tidak memenuhi syarat.


Penetapannya sebagai calon tunggal tertuang dalam berita acara rapat pleno penetapan pasangan calon bupati dan wakil bupati Kabupaten Puncak tahun 2018 nomor: 02/BA/KPU-PUNCAK/2018. Dalam keputusan tersebut, pasangan Willem Wandik-Alus Murib dianggap telah memenuhi syarat menjadi peserta pilkada Kabupaten Puncak 2018.

Dibaca 143 kali

Tinggalkan Komentar

Yang bertanda bintang (*) wajib diisi. Kode HTML tidak diijinkan.