KONI Pusat Tetapkan 48 Cabor PON Papua | Pasific Pos.com

| 25 September, 2018 |

Kepala Dinas Olahraga dan Pemuda Papua, Yusuf Yambe Yabdi. Kepala Dinas Olahraga dan Pemuda Papua, Yusuf Yambe Yabdi.

KONI Pusat Tetapkan 48 Cabor PON Papua

Olahraga Penulis  Kamis, 21 Jun 2018 19:21 0
Beri rating artikel ini
(0 voting)

JAYAPURA,- Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) menetapkan 48 cabang olahraga Pekan Olahraga Nasional (PON) yang akan berlangsung di Papua tahun 2020.

Penetapan itu berdasarkan Surat Keputusan (SK) Ketua Umum KONI Pusat No 50 tahun 2018. Dengan demikian 48 cabang olaharaga ini akan disebarkan ke lima klaster penyelenggara PON di Papua, yakni Kabupaten dan Kota Jayapura, Kabupaten Mimika, Biak, Jayawijaya dan Merauke.


Kepala Dinas Olahraga dan Pemuda Papua, Yusuf Yambe Yabdi mengatakan cabang olahraga yang akan diselenggarakan di Papua sebanyak 48 cabang olahraga dengan 770 nomor pertandingan.


"Cabang olahraga PON terdiri dari 48 cabang dengan 770 nomor, sehingga ada 770 medali emas yang akan diperebutkan oleh 34 Provinsi," kata Yusuf Yambe kepada wartawan di Jayapura, Kamis (21/6/2018).


Yusuf mengatakan cabang olahraga yang diselenggarakan di Papua adalah Aerosport, Akuatik, Anggar, Binaraga Angkat Besi Angkat Barat, Arung Jeram, Atletik, Bala Sepeda, Baseball/Sotfball, Balap Motor, Biliard, Bola Basket, Bola Volly, Boling, Bridge, Bulutangkis, Catur, Cricket, Dansa, Dayung, Gateball, Golf, Gulat, Hockey, Judo, Karate, Kempo, Layar, Menembak, Muaythay, Panahan, Panjat Tebing, Pencat Silat, Petangue, Rugby, Selam, Senam, Sepak bola dan futsal, sepak takraw, sepatu roda, ski air, taekwondo, Tarung Derajat, Tenis, Tenis Meja, Tunju, Woodball dan Wushu.



Namun Yusuf mengatakan pembagian cabang olahraga ke masing-masing klaster akan dilakukan usai pilkada serentak 2018.


Dikatakan, pihaknya akan melakukan koordinasi dengan Gubernur dan Kementerian Pemuda dan Olahraga terkait alokasi pembiayaan peralatan PON paska keluarnya SK Koni Pusat tersebut.


Selain itu, kata Yusuf yang juga selaku Sekretaris Panitia Besar (PB) PON Papua, Koni Pusat sudah menyurati PB PON untuk segera melakukan rapat per bidang dalam rangka mendukung dan mensukseskan PON 2020 di Papua.


Oleh karena itu, pihaknya akan melaporkan gubernur serta menunggu petunjuk untuk segera dilakukan rapat kordinasi antara Koni Pusat, tim pengarah dan pengawas PB PON maupun Panitia Besar PON Papua.


Yusuf menambahkan, dengan ditetapkan cabang olahraga dan nomor, diharapkan kepada Koni Papua percepat konsolidasi dengan pengurus induk cabang-cabang olahraga terkait nomor-nomor pertandingan potensial bagi Papua dari 770 nomor pertandingan PON 2020.


"KONI dan pengurus cabor harus bergerak cepat menyiapkan atlet-atlet utama tetapi juga atlet-atlet pelapisnya," imbuhnya.


Ditanya pembagian cabor dengan Provinsi Papua Barat setelah ditandatangani MoU antara gubernur kedua provinsi, Yusuf mengaku bahwa dia bekerja berdasarkan SK KONI bahwa 48 cabor akan dipertandingkan di Papua. "Saya bekerja berdasarkan SK, soal MoU nanti kita lihat kedepan," ucapnya.

Dibaca 136 kali

Tinggalkan Komentar

Yang bertanda bintang (*) wajib diisi. Kode HTML tidak diijinkan.