Debat Kandidat Pilkada Mimika Diikuti 7 Paslon | Pasific Pos.com

| 16 November, 2018 |

Debat Kandidat Pilkada Mimika Diikuti 7 Paslon

Sosial & Politik Written by  Selasa, 19 Jun 2018 10:52 0
Rate this item
(1 Vote)

TIMIKA , Debat kandidat putaran kedua pemilihan kepala daerah (Pilkada) Mimika yang rencananya dilaksanakan, pada Selasa (19/6) di Graha Eme Neme Yauware akan diikuti tujuh pasangan calon bupati dan wakil bupati (cabup-cawabup).

Ketujuh paslon ini terdiri dari, paslon nomor urut I Petrus Yanwarin-Alpius Edowai (Petraled), paslon nomor urut 2 Robertus Waopea-Albert Bolang (RnB), paslon nomor urut 3 Wihelmus Pigai-A Allo Rafra (Musa), paslon nomor urut 4 Hans Magal-Abdul Muis (Ham), paslon nomor urut 5 Maria Florida Kotorok-Yustus Way (MariYus), paslon nomor urut 6 Eltinus Omaleng-Johannes Rettob (Omtob), dan paslon nomor urut 7 Philipus Wakerwa-H. Basri (Philbas).


Ketua KPU Mimika, Yoel Luis Rumaikewi kepada pers mengatakan, pada debat kandidat putaran kedua ini KPU mengundang seluruh kandidat atau pasangan calon (paslon). Termasuk pasangan calon (paslon) Philbas yang baru saja diputuskan oleh Bawaslu Papua selaku Panwaslu Mimika, untuk diakomodir sebagai peserta Pilkada Mimika 2018.


“Pada debat kandidat putaran kedua nanti, kami undang seluruh paslon. Dan akan dilaksanakan di Graha Eme Neme Yauware pada pukul 15.00 WIT,” kata Luis Rumaikewi saat ditemui wartawan di aula Hotel Timika Raya.


Luis mengatakan lebih lanjut untuk panelis, masih menghadirkan panelis yang sama pada debat putaran pertama yaitu, Julius Ari Mollet, SE., MBA., MTDEV., PHD dan DR. Oscar Oswald O. Wambrauw, SE., M.Sc., AGR serta Drs. Irianto Jacobus.


"Berkaitan dengan persiapan dan kesiapan, serta beberapa komunikasi dan koordinasi dengan KPU Papua, untuk proses ini berjalan lancar maka kita tetap mengundang panelis yang sama. Namun untuk tema debat pilkada putaran kedua nanti, saya belum mengetahui. Tapi secara garis besar, akan membicarakan tentang public service,” tambah luis.


Pola Pengamanan Masih Sama


Sementara itu Kapolres Mimika, AKBP Agung Marlianto mengatakan, untuk pola pengamanan pada saat debat kandidat putaran II ini masih sama dengan putaran I. Pengamanan akan dibagi dalam tiga ring. Ring pertama berada di dalam gedung, yang akan memeriksa setiap tamu undangan.


"Dimana undangan dengan tanda pengenal yang akan diijinkan masuk. Ini bertujuan untuk mengantisipasi pengerahan massa,” katanya.


Sementara untuk ring kedua, berada di daerah parkiran kendaraan, dan ring ketiga berada di luar halaman. Selain menempatkan personil di dalam dan sekitar Graha Eme Neme Yauware, pihaknya juga menempatkan personil di KPU, Gakkumdu, dan Panwaslu.


“Dengan pola penyekatan ini, kami harap bisa meminimalisir gesekan antara pendukung pada saat debat kandidat," ujarnya.


Sedangkan untuk jumlah personel sama dengan putaran pertama, yakni 406 personel yang terdiri dari 206 Polres Mimika, 100 personel Brimob, dan 100 personel TNI.


Sementara untuk simpatisan paslon yang berada di dalam gedung dibatasi hanya 50 orang. Dari jumlah tersebut akan dibatasi atau disekat dengan petugas, yang jumlahnya bisa mewakili jumlah simpatisan.


Kapolres mengimbau kepada semua paslon dan tim sukses agar memanfaatkan momen debat kandidat ini untuk menunjukkan visi dan misi, serta program agar bisa diketahui masyarakat.

Read 468 times

Leave a comment

Make sure you enter all the required information, indicated by an asterisk (*). HTML code is not allowed.