Merasa Ditipu KPU, OMTOB Walk Out Dari Debat Publik | Pasific Pos.com

| 14 August, 2018 |

Merasa Ditipu KPU, OMTOB Walk Out Dari Debat Publik

Sosial & Politik Penulis  Rabu, 13 Jun 2018 19:44 0
Beri rating artikel ini
(0 voting)

Timika, Komisi Pemilihan Umum (KPU) kabupaten Mimika akhirnya melaksanakan debat publik setelah beberapa kali ditunda. Debat publik yang dilaksanakan di gedung Eme Neme Yaware , Rabu (13/6) sore ini diwarnai dengan walk out oleh pasangan calon (paslon) Eltinus Omaleng - John Rettob (Omtob) atau paslon nomor 6.

Sesaat setelah moderator memperkenalkan semua paslon, tampak John Rettob wakil dari paslon nomor 6 mengambil microphone. "Kami adalah paslon yang memcoba taat pada hukum yang taat pada aturan maka seharusnya debat dilaksanakan pada 26 Mei dan 9 Juni lalu," ujar John Rettob.


Lebih lanjut John Rettob mempertanyakan keabsahan pelaksanaan debat ini. Sebab jadwal tahapan pilkada dilakukan melalui pleno. "Apakah perubahan jadwal sudah diplenokan?" ujar John Rettob.


Dijelaskan pula pihaknya telah berulang kali menanyakan kepada KPU Mimika tentang pelaksanaan jadwal tahapan pilkada, namun tidak pernah dijawab.


Jhon Rettob juga mempertanyakan kedudukan ketua KPU Mimika Ochepina Magal. Dimana pada awal acara telah membacakan surat pemecatannya sebagai ketua KPU Mimika. "Ibu Ocepina Magal sudah membaca sendiri surat keputusan pemberhentian sementara dari ketua KPU mestinya setelah itu dia harus turun dari podium tapi mengapa masih memberikan kata sambutan," ujar Jhon penuh tanya.


"Dengan adanya kejadian di depan mata ini maka paslon dan tim OMTOB menyatakan tidak percaya dengan KPU Mimika," ujar John Rettob seraya meninggalkan ruangan yang diikuti puluhan pendukungnya.
Dari pantauan Pasific, debat publik tetap dilanjutkan dengan 5 paslon, disaksikan ratusan warga yang memadati gedung Eme Neme Yaware.


KPU Menyalahi Aturan


John Rettob kepada media menjelaskan bahwa pihaknya menilai kegiatan debat hari ini ilegal karena tidak sesuai dengan tahapan yang sudah ditetapkan sebelumnya oleh KPUD Mimika.


“Tahapan yang mereka (KPUD Mimika) lakukan ini tidak prosedural. Seharusnya KPUD Mimika menjalankan putusan bersama di Jayapura yang menetapkan debat kandidat dilakukan pada akhir Mei lalu dan 9 Juni. Bukan seenaknya merubah tahapan sesuai dengan kemauan mereka sendiri. Apalagi tidak pernah ada pemberitahuan ke kami bahwa tahapan diundur,” ujar John Rettob didampingi Ketua Tim Pemenangan OMTOB Rizal Patadan, Sekretaris Partai Koalisi Herman Gofur.


John Rettob mengaku pihaknya sudah sejak awal mempersiapkan diri untuk mengikuti debat kandidat sebagai salah satu tahapan pemilihan kepala daerah (Pilkada). Namun, ia mengaku kecewa karena KPUD Mimika merubah jadwal tahapan Pilkada Mimika tanpa pemberitahuan kepada pasangan calon (paslon).


“Pada akhir Mei lalu, kami batalkan semua agenda pertemuan, termasuk kunjungan ke wilayah pesisir karena tahapan ini (debat kandidat). Tapi sampai malam hari, tidak ada informasi. Jauh-jauh hari kami sudah siapkan diri tapi tiba-tiba dibatalkan tanpa alasan yang jelas,” ujar John Rettob.


John Rettob juga mempertanyakan pembahasan perubahan jadwal debat kandidat calon bupati dan wakil bupati Mimika yang dilakukan KPUD Mimika tanpa melibatkan paslon OMTOB.


“Mereka (KPUD) undang 5 paslon lain untuk bahas persiapan debat di Hotel Emeral, Minggu (10/6/2018) lalu, sementara kami tidak diundang. Kami dapat informasi adanya pertemuan ini juga dari tim paslon lain. Akhirnya malam itu juga relawan kami ke sana bubarkan pertemuan mereka,” ungkap John Rettob.

Dibaca 200 kali

Tinggalkan Komentar

Yang bertanda bintang (*) wajib diisi. Kode HTML tidak diijinkan.