Ketua KPUD Mimika Kembali Diberhentikan Sementara | Pasific Pos.com

| 20 June, 2018 |

Ketua KPUD Mimika Kembali Diberhentikan Sementara

Sosial & Politik Penulis  Rabu, 13 Jun 2018 17:43 0
Beri rating artikel ini
(0 voting)

 

Timika, Ketua komisioner Komisi Pemilihan Umum Daerah (KPUD) kabupaten Mimika kembali diberhentikan. Pemberhentian sementara ini akan berlangsung hingga pelaksanaan pemilihan kepala daerah (Pilkada) berlangsung. Hal ini disampaikan oleh komisioner KPU Provinsi Papua Izak Hikoyabi dihadapan masa demo di kantor KPU Mimika Selasa (12/6).

Izak Hikoyabi menerangkan, pemberhentian ini merupakan hasil rapat. "Ketua KPU Mimika Theodora Ocepina Magal kembali diberhentikan sementara merangkap anggota hingga pencoblosan melalui rapat pleno KPU Provinsi Papua pada Senin (11/6) malam di Jayapura," ujar Izak Hikoyabi


Dalam rapat pleno tersebut selain Ketua KPUD Mimika diberhentikan sementara merangkap anggota hingga pencoblosan. Komisioner KPUD Mimika lainnya, Alfret Petu Petu juga diberhentikan secara tetap karena telah mengambil pengunduran diri. Kemudian menunjukk dua komisioner KPU provinsi yakni Izak Hikoyabi dan Tarwinto menjadi bagian dari KPU Mimika sehingga memenuhi quorum dalam pengambilan keputusan.


“Ibu ketua diberhentikan sementara sampai pencoblosan dan setelah itu baru kita kembalikan.KPUD Mimika yang aktif itu tiga orang lainnya yaitu Derek Mote, Yoel Luis Rumakewi, dan Reinhard Gobai,” kata Izak kepada wartawan di Kantor KPUD Mimika, Selasa (12/6).


Izak menjelaskan bahwa, alasan KPU Provinsi Papua mengambil alih tugas KPUD Mimika, bahwa KPU Provinsi menilai ada beberapa hal dan itu sudah disurati seminggu yang lalu kepada KPUD Mimika khususnya kepada ketua KPU untuk memposisikan dirinya sebagai penyelenggara yang netral.


“Kita melihat pada peraturan Bawaslu nomor 13,11 dan nomor 1 tahun 2012 pada bab 3 ayat 10 itu mengatakan netralitas penyelenggara tidak boleh memihak kepada parpol, apalagi kepada paslon,” jelasnya.


Izak menegaskan bahwa, tugas KPU Provinsi memberikan jaminan kepada ke enam paslon dalam perlakuan sama dimuka hukum, tidak memihak kepada siapapun. KPU berdiri di jalan yang lurus dan netral. "Oleh karena itu kehadiran kami disini saya percaya tidak ada lagi yang mengintervensi KPUD Mimika sepanjang kami yang mengambil alih ini," ujarnya tegas.


Ia juga menyampaikan kepada ke enam paslon bahwa selama berada di Timika pihaknya tidak akan memihak kepada siapapun, tetapi hanya menjalankan tugas dalam mengawal pelaksanaan hingga tanggal 27 pada saat pencoblosan.

Dibaca 49 kali

Tinggalkan Komentar

Yang bertanda bintang (*) wajib diisi. Kode HTML tidak diijinkan.

Trending Topik