Omtob Pastikan Tidak Ikut Debat Kandidat | Pasific Pos.com

| 20 June, 2018 |

Calon wakil bupati Yohanes Rettob saat menggelar konferensi pers di sekretariat jalan Hasanuddin Selasa (12/6). Calon wakil bupati Yohanes Rettob saat menggelar konferensi pers di sekretariat jalan Hasanuddin Selasa (12/6).

Omtob Pastikan Tidak Ikut Debat Kandidat

Sosial & Politik Penulis  Rabu, 13 Jun 2018 08:59 0
Beri rating artikel ini
(0 voting)

Timika, Pasangan Calon Bupati dan Wakil Bupati Eltinus Omaleng dan Johannes Rettob (Omtob) memastikan tidak akan mengikuti debat kandidat pertama yang rencananya akan dilaksanakan di Graha Eme Neme Yauware, Rabu(13/6).
Hal ini disampaikan calon wakil bupati Yohanes Rettob saat menggelar konferensi pers di sekretariat jalan Hasanuddin Selasa (12/6).

Rettob yang didampingi Ketua Tim Pemenangan Rizal Patadan, Sekretaris Partai Koalisi Herman Gafur, Ketua Tim Hukum Marvey Dangeubun dan Daud Bunga menegaskan hal tersebut karena pihaknya menilai tahapan yang dilakukan oleh KPU Mimika ilegal.


"Karena tahapan yang mereka lakukan ini tidak prosedural. Seharusnya KPU Mimika menjalankan putusan bersama di Jayapura yang menetapkan debat kandidat dilakukan 9 dan 18 Juni lalu. Bukan seenaknya merubah tahapan sesuai dengan kemauan mereka sendiri. Apalagi tidak pernah ada pemberitahuan ke kami bahwa tahapan diundur," ujar Jhon Rettob
Menurutnya, pasangan Omtob sudah siap sedari awal mengikuti tahapan debat kandidat. Bahkan sejumlah persiapan telah dilakukan namun tahapan-tahapan yang dilakukan terkesan dilakukan semaunya oleh KPU Mimika.


"Tanggal 9 itu kami batalkan semua agenda pertemuan termasuk kunjungan ke wilayah pesisir karena tahapan ini. Tapi sampai malam hari, tidak ada informasi. Jauh-jauh hari kami sudah siapkan diri tapi tiba-tiba dibatalkan tanpa alasan yang jelas," terangnya.


Menurutnya, KPU Mimika sengaja menunda pelaksanaan tahapan debat kandidat saat itu karena masih menunggu putusan di Jayapura terkait lolos atau tidaknya pasangan Hans Magal-Abdul Muis (HAM).


"Jadwal tangal 9 Juni itu duluan sebelum pasangan ini dinyatakan TMS. Saat kita di Jayapura kan sudah ditetapkan bahwa pasangan ini menyesuaikan tahapan yang ada karena statusnya seperti itu. Artinya debat pertama saat itu harus dilakukan tanpa harus menunggu HAM lolos atau tidak. Mereka bisa ikut debat kedua kalau lolos. Kenapa 5 pasangan lain harus dikorbankan untuk menunggu status mereka ini. Ada apa ini?," jelas Rettob.


Selain itu John Rettob juga mengatakan bahwa agenda tahapan debat kandidat pertama yang akan dilakukan, sengaja dimanupulatif oleh KPU Mimika sehingga Omtob tidak dilibatkan.


"Mereka undang 5 paslon lain untuk bahas persiapan debat di Hotel Emeral, Minggu (10/6) sementara kami tidak diundang. Kami dapat informasi adannya pertemuan ini juga dari tim paslon lain. Akhirnya malam itu juga relawan kami ke sana bubarkan pertemuan mereka. Dan mereka akui bahwa mereka memang sengaja tidak mengundang kami lewat pernyataan tertulis bermeterai," ungkapnya.


Rizal Patadan menambahkan, debat kandidat merupakan salah satu tahapan kampanye. Dalam debat akan dijelaskan visi dan misi tiap bakal calon ke depan. Tidak ikutnya pasangan Omtob, jelas merugikan pasanganya. Namun demi hukum, profesionaltas, kejujuran dan demokrasi, pihaknya sepakat Omtob tidak akan mengikuti debat tersebut.


"Kita rugi kalau tidak ikut karena KPU yang jadi penyebabnya. Harusnya mereka lakukan ini secara prosedural. Bukan ilegal seperti ini. Rubah dan atur tahapan seenaknya tanpa kompromi dengan semua paslon. Apalagi tidak melibatkan kami. Omtob tidak akan ikut debat besok," tegasnya.


Rizal mengisahkan, setelah niat busuk KPU Mimika terbongkar di Hotel Emeral, Senin (11/6) besoknya KPU Mimika akhirnya mengirimkan undangan agar dilakukan pertemuan tentang debat.


"Kami datang rapat tapi kami sudah sampaikan kami tidak ikut. Kami juga sudah layangkan mosi tidak percaya kepada KPU Mimika. Puncaknya demo siang tadi di Kantor KPU Mimika," ujarnya.

Dibaca 54 kali

Tinggalkan Komentar

Yang bertanda bintang (*) wajib diisi. Kode HTML tidak diijinkan.

Trending Topik