Pertanian Jadi Program Unggulan, Wandik - Balina | Pasific Pos.com

| 20 June, 2018 |

Calon Bupati Puncak, Willem Wandik Bersama Calon Wakil Bupati Pelinus Balinal. Calon Bupati Puncak, Willem Wandik Bersama Calon Wakil Bupati Pelinus Balinal.

Pertanian Jadi Program Unggulan, Wandik - Balina

Sosial & Politik Penulis  Selasa, 12 Jun 2018 10:46 0
Beri rating artikel ini
(0 voting)

Willem Wandik : Potensi Masyarakat Puncak Bukan Berdagang

 

Jayapura : Calon Bupati Puncak, Willem Wandik, mengaku potensi masyarakat di Kabupaten Puncak bukan untuk berdagang, melainkan di bidang Pertanian.

"Potensi masyarakat kami itu adalah sesuai dengan keahlian mereka yakni bertani,”kata Willem Wandik, Calon Bupati Puncak, periode 2018 - 2023 kepada Pasific Pos, baru-baru ini.


Bersama Calon Wakil Bupati Pelinus Balinal, keduanya akan merencanakan lima tahun kedepan, dimulai dengan 100 hari kerja.


Pasangan yang diusung oleh Partai PDI Perjuangan ini, berkomitmen akan menggali potensi masyarakat di bidang pertanian yang menjadi salah satu unggulan di kabupaten hasil pemekaran dari Kabupaten Puncak Jaya itu.


“Dengan menggandeng Koperasi Unit Desa (KUD) yang sudah kita bentuk. Disitulah yang kita lakukan. Sehingga Pertanian menjadi program unggulan kita, "tandasnya.


"Hasil bumi seperti sayur kol, wortel dan lainnya. Kita gerakan ekonomi masyarakat dengan dana desa yang sudah turun,”sambungnya.


Selain itu juga lanjut Willem Wandik, masyarakat akan digalakkan untuk untuk menanam kopi arabika pada program jangka panjang.


Bahkan, kedua Pasangan ini berencana untuk menggalakkan sektor pariwisata yang ada di Puncak seperti Gunung Cartenz dan juga wisata alam lainnya di wilayah Pegunungan.


“Ketiga bagaimana masyarakat untuk kita kasih modal dengan membangun koperasi. Setelah kita bangun supermaket. Setelah itu nantinya dari hasil bumi masyarakat akan menjadi pemasok utama. Jadi nanti masyarakat beli dari sini (supermarket-red). Baru akan membuka kios dan mengajar mereka berdagang itu tugas – tugas kita kedepannya,”terangnya.


Menurut Willem Wandik, dengan program akan memberikan multi efek. Dimana pemerintah akan mengupayakan bagaimana BUMD menjadi salah satu ujung tombak di Kabupaten Puncak dan merupakan tangan panjang dari pemerintah pada dinas terkait. Dimana dalam dana otonomi khusus. Bidang perekonomian rakyat termasuk didalamnya.


“Jadi hasil bumi dari masyarakat kita akan beli. Sambil itu masyarakat dia akan tingkatkan pertaniannya. Terus pemerintah dalam hal ini BUMD akan beli sayur. Setelah itu kita akan jual ke Freeport. Nanti setelah uangnya masuk, dana itu akan diputar lagi. Jadi roda pengembangan ekonomi akan berjalan terus,”paparnya.


Selain itu juga kata Willem Wandik, dari BUMD. Pemerintah akan berjalan terus.


Untuk itu, Willem Wandik berjanji akan membuat pelatihan kepada koperasi dengan memberikan modal usaha.


"Jadi kita rutinitas. Karena saya pikir soal pertanian masyarakat tidak perlu diajarkan lagi. Karena itu kehidupan kebiasaan mereka. masyarakat pada umumnya di Puncak adalah bertani, "ungkapnya.


Hanya saja, tambah Willem Wandik, pihaknya tinggal menyiapkan pasar dan transportasinya.


"Jadi kita dari pemerintah, selain memberikan modal juga membantu dalam memasarkannya hasil kebun mereka," tutup Willem Wandik. (TIARA)

Dibaca 42 kali

Tinggalkan Komentar

Yang bertanda bintang (*) wajib diisi. Kode HTML tidak diijinkan.

Trending Topik