Logistik Pilkada Sudah di KPU Kabupaten/Kota | Pasific Pos.com

| 20 June, 2018 |

Ketua KPU Papua, Adam Arisoy. Ketua KPU Papua, Adam Arisoy.

Logistik Pilkada Sudah di KPU Kabupaten/Kota

Info Papua Penulis  Sabtu, 09 Jun 2018 08:22 0
Beri rating artikel ini
(0 voting)

JAYAPURA,- Logistik surat suara untuk Pilkada Gubernur Papua telah berada di masing masing KPU kabupaten kota. Demikian disampaikan Ketua KPU Papua, Adam Arisoy, pada Rapat Koordinasi Persiapan Pelaksanaan Pilkada Serentak Gubernur Wakil Gubernur, Bupati dan Wakil Bupati di Provinsi Papua, berlangsung di Jayapura, Jumat (7/6).

Adam menyebutkan, untuk logistik tinta dan segel baru saja diserahkan ke KPU di 28 kabupaten dan 1 kota. Sementara untuk kotak suara dan bilik serta formulir berita acara nanti akan diserahkan pada tanggal 10 Juni itu sudah tiba di kabupaten masing masing," ujar Adam.


Adam menjelaskan, surat suara dicetak dan dihitung berdasarkan jumlah pemilih serta ada kelebihan untuk menjaga jangan sampai ada kerusakan dan lain lain.


"Nanti setelah disortir ada kelebihan atau rusak itu akan segera dibuat berita acara untuk kemudia dimusnahkan. Saat ini, surat suara sementara dalam proses lipat di KPU kabupaten/kota.


Adam mengatakan, untuk pelaksanaan Pilkada Gubernur, pihaknya telah bekerja maksimal dalam mempersiapkan segala sesuatu yang dibutuhkan. Bahkan sebelum rapat koordinasi dilakukan (hari ini), pihaknya telah lebih dulu melakukan pengecekan ke KPU di setiap kabupaten kota. Mulai dari penyelenggara di TPS semua telah terbentuk sampai kepada surat suara juga telah didistribusikan dan saat ini telah dilakukan pelipatan dan sortir.


"Jadi tinggal tinta, hologram dan segel nanti tanggal 10 baru kita serahkan sekaligus kotak suara dan bilik beserta berita acaranya. Sedangkan kebutuhan lainnya seperti tali untuk pembiayaan diserahkan ke KPU kabupaten/kota," jelasnya.


Adapun jumlah surat suara yang dikeluarkan yaitu sebanyak jumlah Daftar Pemilih Tetap (DPT) yakni sebanyak 3,4 juta pemilih ditambah 2,5 persen.


Disinggung soal adanya beberapa kabupaten yang situasi keamanannya yang tidak kondusif apakah akan berpengaruh dalam pelaksanaan Pilkada semisal kabupaten Mimika, Pegunungan Bintang, Paniai, Puncak? Adam menegaskan, itu bukan menjadi ranah KPU


"Ya untuk masalah keamanan itu menjadi tanggung jawab pihak keamanan dan juga pemerintah kabupaten masing masing. Pada intinya pelaksanaan pilkada serentak akan dilaksanakan sesuai jadwal yakni 27 juni mendatang," tukas Adam


Selain pilkada gubernur, pilkada serentak di Papua ini juga akan digelar di tujuh kabupaten antara lain kabupaten Biak Numfor, Jayawijaya, Mamberamo Tengah, Puncak, Paniai, Mimika dan Deyai. Dari tujuh kabupaten tersebut terdapat empat calon tunggal yaitu kabupaten Mamberamo Tengah, Puncak, Paniai, Jayawijaya.

Dibaca 58 kali

Tinggalkan Komentar

Yang bertanda bintang (*) wajib diisi. Kode HTML tidak diijinkan.

INDEX

Trending Topik