Papua Bebas Sampah tahun 2020 | Pasific Pos.com

| 23 August, 2019 |

Penjabat Gubernur Papua Soedarmo menandatangani pencanangan Papua bebas sampah tahun 2020. Penjabat Gubernur Papua Soedarmo menandatangani pencanangan Papua bebas sampah tahun 2020.

Papua Bebas Sampah tahun 2020

Info Papua Penulis  Senin, 04 Jun 2018 20:33 0
Beri rating artikel ini
(0 voting)

Jayapura,- Pemerintah Provinsi Papua canangan bebas sampah tahun 2020, dan sukses PON XX. Pencanangan itu bersamaan dengan peringatan Hari Lingkungan Hidup Sedunia yang biasa diperingati setiap 5 Juni.

Penjabat Gubernur Papua, Soedarmo menyebutkan kesadaran pembatasan penggunaan sampah plastik harus ditanamkan dalam pribadi masing-masing. Termasuk pada setiap Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD), .


“Bebas sampah plastik juga untuk sukses PON 2020, termasuk dalam penggunaan imitasi Burung Cenderawasih. Semua ini bisa tercapai dengan kesadaran bersama,” jelas Soedarmo, Senin (4/6).


Mantan Gubernur Aceh itu menambahkan, pembatasan sampah plastik harus dilakukan mulai keluarga, termasuk hingga RT/RW. “Jangan lupa siapkan tempat sampah yang akan digunakan untuk menampung sampah plastik, agar dapat didaur ulang,” kata Soedarmo.


Sementara itu, Plt Kepala Dinas Lingkungan Hidup Provinsi Papua, Martha Mandosir menyebutkan Papua bebas sampah plastik harus dilakukan dengan program nyata. Dan sukses PON tahun 2020.


Ia mengatakan, ada empat target yang harus dicapai pada sukses PON nanti, yakni sukses lingkungan, penyelenggaran, ekonomi dan prestasi. Maka, gerakan yang kita lakukan setelah pencanangan ini adalah dengan regulasi yang tegas.
Oleh karena itu, kita akan membuat surat edaran gubernur terkait pencanangan Papua bebas sampah, perlindungan burung cenderawasih kepada bupati/walikota di Papua.


Dijelaskan, pihaknya akan membuat program yang lebih nyata untuk masyarakat. "Kita akan mengajak masyarakat bagaimana mencintai sampah plastik dengan cara memanfaatkan, karna kita mempunyai program 3 R, (Ricel, daur ulang dan memiliki manfaat buat ekonomi).


Selain itu pihaknya akan menurunkan bak sampah di seluruh kabupaten dan kota. "Namun kita harus kuatkan dari sistem kelembagaan. paling tidak kita punya 1 unit pelaksana sampah. Sat ini kami baru memiliki laboratorium lingkungan." jelasnya.


Lalu pihaknya akan mensosialisasikan agar sampah ini bisa dimanfaatkan, misalnya untuk fashion,tas dan lainnya. " Dari giat ini hrus betul- betul ada timbal balik dan ini membutuhkan waktu yg panjang. Untuk merubah pola hidup masyarakat.


Dikatakan, Data Dinas BLH Kota Jayapura per 2016, dalam satu tahun produksi sampah plastik di Kota Jayapura diperkirakan 368 ton.


Kantong plastik yang menjadi sampah di Kota Jayapura, tidak semuanya dibawa ke Tempat Pembuangan Akhir (TPA), tetapi banyak yang dibuang ke kali yang kemudian terbawa air sampai ke laut.

Dibaca 647 kali

Tinggalkan Komentar

Yang bertanda bintang (*) wajib diisi. Kode HTML tidak diijinkan.