Gelar Latihan Posko, Kodim Sarmi Siap Bantu Kepolisian Amankan Pilkada | Pasific Pos.com

| 18 November, 2018 |

Gelar Latihan Posko, Kodim Sarmi Siap Bantu Kepolisian Amankan Pilkada

Lintas Daerah Written by  Kamis, 31 Mei 2018 18:20 0
Rate this item
(0 votes)

 

Sarmi – Demi suksesnya penyelenggaraan pilkada damai yang dilaksanakan serentak di wilayah Papua khususnya di Kabupaten Sarmi, TNI siap bekerjasama dengan pihak Kepolisian.

Kondusifnya keamanan wilayah menjelang Pilkada merupakan bagian dari tanggung jawab TNI sebagai garda terdepan untuk menjamin keutuhan wilayah dari berbagai permasalahan konflik yang mengancam jalannya penyelenggaraan Pilkada.


Untuk mewujudkan semuanya itu, Kodim 1712/Sarmi selaku komando kewilayahan berkomitmen untuk menciptakan situasi dan kondisi keamanan wilayah yang kondusif dengan menyelenggarakan Latihan Posko I tahun 2018 bertempat di Makodim 1712/Sarmi, Kabupaten Sarmi, Kamis (31/5).


Dengan mengambil tema "Kodim 1712/Sarmi membantu Polri di wilayahnya dalam rangka mengatasi terjadinya konflik komunal di wilayah" , Kodim diharapkan mampu dan siap dalam memberikan bantuan kepada pemerintah daerah maupun polri untuk menanggulangi aksi masa maupun konflik komunal yang diakibatkan dari adanya situasi dan kondisi politik yang kurang baik.


Danrem 172/PWY Kolonel Inf Binsar Sianipar saat ditemui menyampaikan, latihan di satuan komando kewilayahan yang diselenggarakan pada tingkat kodim ini merupakan kegiatan yang mutlak dilaksanakan, guna mengetahui sejauh mana prosedur hubungan komunikasi antara komandan dan staf apabila dihadapkan dengan situasi yang berkembang.


Lebih lanjut ditambahkannya bahwa Latihan Gladi Posko I ini dilaksanakan secara sistematis mulai dari perencanaan, persiapan dan pelaksanaan operasi dalam mengatasi konflik sosial maupun ketegangan dan kerusuhan yang akan timbul akibat dampak situasi dan kondisi politik di wilayahnya.


Dalam latihan ini, disimulasikan pula tindakan yang harus diambil komando dan staf kodim dalam rangka memberikan bantuan keamanan kepada Polri dan Pemerintah Daerah yang di gelar melalui komunikasi antar staf tanpa melangkahi prosedur yang harus diterapkan dilapangan sehingga dapat terwujud sinergitas antara TNI/Polri dan Pemerintah Daerah dalam mengantisipasi setiap ancaman yang timbul, yang dapat mengganggu jalannya Pilkada damai yang kondusif di wilayah Papua.

Untuk mengamankan Pilkada Serentak nantinya, kata Binsar, TNI dalam hal Ini Korem 172/PWY beserta jajaran akan serius dan terus berkordinasi dengan pihak kepolisian di setiap wilayah, sehingga jalannya pilkada mulai dari sebelum, pelaksanaan hingga pasca pilkada semuanya akan berjalan aman terkendali.


“Nah, dari latihan inilah dapat kita lihat bagaimana prosedur yang nantinya akan dilaksanakan oleh komandan dan staf dalam memberikan bantuan kepada pemerintah daerah dan kepolisian termasuk dalam penyiapan personel maupun materiilnya”, ujarnya.


Dari latihan ini juga, Binsar kembali menegaskan bahwa Korem 172/PWY beserta jajarannya berkomitmen dalam menjalankan tugas dan kesiapan prajurit serta satuan dalam mengamankan penyelengaraan pilkada serentak tahun 2018.


"Saya berharap dalam latihan ini akan dapat meningkatkan kemampuan yang profesional bagi seluruh aparat Kowil Kodim 1712/Sarmi untuk memahami setiap prosedur kerja Staf yang akan diaplikasikan dilapangan demi terwujudnya keberhasilan pelaksanaan tugas membantu Polri dalam pengamanan pilkada serentak ini," jelasnya.

Read 429 times

Leave a comment

Make sure you enter all the required information, indicated by an asterisk (*). HTML code is not allowed.