Tahun Ini, Pemda Manokwari Bentuk Transmigrasi Lokal di Masni | Pasific Pos.com

| 16 August, 2018 |

Tahun Ini, Pemda Manokwari Bentuk Transmigrasi Lokal di Masni

Papua Barat Penulis  Minggu, 27 Mei 2018 22:29 0
Beri rating artikel ini
(0 voting)

Manokwari, TP - Sesuai dengan permintaan warga, tahun 2018 ini Pemerintah daerah (Pemda) Manokwari melalui Dinas Ketenagakerjaan dan Transmigrasi (Disnakertrans) Kabupaten Manokwari akan berkonsentrasi membentuk wilayah transmigrasi lokal di Kampung Aermeos, distrik Masni Kabupaten Manokwari.

Sekretaris Disnakertrans Manokwari, Agus Winarsa, mengungkapkan pembentukan wilayah transmigrasi lokal masih tahap koordinasi dengan Kementerian Transmigrasi. Pemerintah pusat melalui APBN akan menganggarkan dana senilai Rp.7 miliar.

Dana tersebut, sesuai perencanaan akan dipergunakan untuk pembanguan 25 unit rumah permanen untuk masyarakat lengkap dengan sarana penunjang, seperti jalan dan juga balai pertemuan, listrik, serta sarana air bersih.

"Semua rumah dibuat permanen, memang space aslinya semi permanen dari kementrian namun akan ada dana tambahan dari APBD sehingga perumahan bisa dibuatkan menjadi permanen," terangnya kepada wartawan di kantor DPRD Manokwari, Kamis (24/5).

Ia menerangkan, selain di Aermeos di Masni, pihakya juga sudah melakukan pembangunan daerah transmigrasi lokal di wilayah Meyes 1 dan Meyes 2, distrik Manokwari Utara yang pelaksanaanya sudah 100 persen.

"Kalau 2016 dan 2017 jumlah rumah totalnya 100 unit, sama dengan tahun ini ada dana tambahan dari APBD untuk peningkatan bangunan yang dianggarkan dari pusat," jelasnya.

Ia menambahkan, saat ini pengembangan wilayah transmigrasi di Kabupaten Manokwari hanya diperuntukan untuk warga lokal, karena sudah tidak ada lagi istilah transmigrasi antar pulau. [SDR-R3] 

Dibaca 141 kali

Tinggalkan Komentar

Yang bertanda bintang (*) wajib diisi. Kode HTML tidak diijinkan.