BI : Pelemahan Rupiah Tidak Berpengaruh di Papua | Pasific Pos.com

| 20 June, 2018 |

Kepala Bank Indonesia Perwakilan Provinsi Papua, Joko Supratikto. Kepala Bank Indonesia Perwakilan Provinsi Papua, Joko Supratikto.

BI : Pelemahan Rupiah Tidak Berpengaruh di Papua

Ekonomi & Bisnis Penulis  Sabtu, 26 Mei 2018 22:44 0
Beri rating artikel ini
(0 voting)

 

Jayapura – Kepala Bank Indonesia Perwakilan Provinsi Papua, Joko Supratikto mengatakan, pelemahan mata uang Rupiah beberapa pekan terakhir tidak berpengaruh di Papua.

“Ini fenomena yang terjadi terhadap semua mata uang, tidak hanya Rupiah karena efek menguatnya nilai Dolar Amerika, tapi Rupiah menguatnya tidak sebesar negara Asean yang lain, tidak memicu krisis yang berkepanjangan, “jelas Joko, di Kota Jayapura, Jumat (25/5/2018).


Joko menambahkan, pelemahan Rupiah masih bisa dikendalikan dengan kebijakan moneter yang dilakukan Bank Indonesia. Beberapa kebijakan dilakukan seperti pada pekan lalu Bank Indonesia menaikkan suku bunga acuan untuk meredam agar tidak mengalami pelemahan yang tajam.


“Tapi memang efeknya tidak langsung namun bertahap, selain itu Bank Indonesia melakukan intervensi pasar dengan membeli Rupiah dengan Dolar yang ada di pasar keuangan, jadi membanjiri pasar dengan Rupiah, “ucap Joko.


Dia menambahkan, itulah yang dilakukan Bank Indonesia, dari sisi inflasi dan pertumbuhan ekonomi masih cukup bagus, dari sisi perekonomian Papua tidak terlalu berpengaruh, tidak menyebabkan pertumbuhan ekonomi melambat.


“Justru pertumbuhan ekonomi di Papua pada triwulan pertama tahun 2018 sebesar 28 persen karena faktor tambang yang menggenjot produksinya. Di Papua tidak banyak industri yang berbasis impor, stabilitas sistem keuangan secara umum masih cukup solid di Papua, jadi tidak ada yang dikhawatirkan, “katanya.

Dibaca 65 kali

Tinggalkan Komentar

Yang bertanda bintang (*) wajib diisi. Kode HTML tidak diijinkan.

INDEX

Trending Topik