Rencana Penambangan Emas di Teluk Wondama | Pasific Pos.com

| 18 October, 2018 |

Rencana Penambangan Emas di Teluk Wondama

Papua Barat Penulis  Jumat, 25 Mei 2018 03:23 0
Beri rating artikel ini
(0 voting)

Dinas Lingkungan Hidup Belum Terima Dokumen Kerangka Acuan

 

Manokwari, TP – Izin Analisis Mengenai Dampak Lingkungan (Amdal) rencana pengembangan tambang Emas di Kabupaten Teluk Wondama, Provinsi Papua Barat, masih di tingkat awal, yakni konsultasi publik.

Setelah konsultasi publik, Dinas Lingkungan Hidup dan Pertanahan Provinsi Papua Barat masih menunggu dokumen kerangka acuan, tetapi belum diserahkan pemrakarsa dan konsultan Amdal.

Kepala Dinas Lingkungan Hidup dan Pertanahan Provinsi Papua Barat, Rudolf Edward Rumbino mengatakan, proses izin Amdal belum sampai ke tingkat selanjutnya.

Proses berikutnya, kata Rumbino, yakni pengajuan dokumen kerangka acuan, tetapi sampai sekarang dokumen itu belum diterima Dinas Lingkungan Hidup dan Pertanahan Provinsi Papua Barat.

“Pertama dengan bupati itu pertemuan awal dan konsultasi publik. Langkah selanjutnya ke kerangka acuan. Ini yang belum sampai sekarang. Jadi, baru awal ini. Kita sekarang lagi tunggu untuk kerangka acuan itu,” ungkap Rumbino kepada Tabura Pos di Kantor Bupati Manokwari, Rabu (23/5).

Diungkapkannya, jangka waktu yang diberikan untuk memasukkan kerangka acuan yakni 14 hari, tetapi setelah 2 bulan berlalu, kerangka acuan yang ditunggu-tunggu belum diserahkan.

“Kita tinggal tunggu saja pemrakarsa dan konsultannya, karena saat itu yang hadir Bupati Teluk Wondama. Kita lapor beliau dan beliau ikut sama-sama, juga Kapolres Teluk Wondama ikut sama-sama dengan kami, juga Kepala Desa Nanimori, tapi sampai sekarang kelanjutannya belum,” katanya.

Menurut Rumbino, jika kerangka acuan sudah diserahkan, maka pihaknya akan kembali turun ke lapangan. “Kalau sudah masuk untuk dilanjutkan dengan kerangka acuannya, kita turun lagi. Kita mainnya di sana, turun langsung lapangan,” tuturnya.

Diutarakannya, perusahaan yang melakukan konsultasi publik dalam rangka penyusunan dokumen Amdal pengembangan tambang Emas di Kabupaten Wondama adalah PT Abisha Bumi Persada.

Disebutkan Rumbino, meski masih tahap awal, sudah banyak masukkan. “Ada pro dan ada yang kontra, dan itu bagus. Harus ada masukan, ada dari WWF, LSM, juga dari masyarakat,” tukasnya. [CR44-R1] 

Dibaca 261 kali

Tinggalkan Komentar

Yang bertanda bintang (*) wajib diisi. Kode HTML tidak diijinkan.