Mahasiswa dan Wartawan Ikut Penyuluhan Bahasa Indonesia | Pasific Pos.com

| 14 August, 2018 |

Mahasiswa dan Wartawan Ikut Penyuluhan Bahasa Indonesia

Papua Barat Penulis  Jumat, 25 Mei 2018 02:18 0
Beri rating artikel ini
(0 voting)

Manokwari, TP – Para mahasiswa dan wartawan di Kabupaten Manokwari mengikuti penyuluhan Bahasa Indonesia di salah satu rumah makan di Manokwari, Kamis (24/5).

Kegiatan penyuluhan ini terselenggara atas kerja sama antara Dinas Pendidikan Kabupaten Manokwari dan Balai Bahasa Papua yang berlangsung selama 3 hari. Pada hari terakhir, kegiatan diisi dengan pemberian materi tentang penggunaan kalimat dan paragraf dalam Bahasa Indonesia yang disampaikan Yohanis Sanjoko, S.Pd, M.A.

Ia menerangkan, dalam kalimat Bahasa Indonesia meliputi batasan kalimat, syarat minimum suatu kalimat, dan unsurnya. Untuk jenis kalimat, di dalamnya ada kalimat berita, kalimat tanya, dan kalimat perintah, sedangkan dalam struktur paragraf ada gagasan utama, kalimat topik, kalimat pengembang, dan struktur paragraf yang ideal.

Dirinya menjelaskan, letak kalimat topik dalam suatu paragraf, yakni kalimat topik di awal paragraf, kalimat topik di akhir paragraph, kalimat topik di awal dan di akhir paragraf. “Ciri paragraf yang baik yakni kesatuan atau kohesi, kepaduan atau koherensi, dan ketuntasan,” ungkap Sanjoko.

Pengembangan paragraf, lanjut Sanjoko, ada 9 model, yakni pengembangan dengan contoh, pengembangan dengan definisi, pengembangan dengan perbandingan pengontrasan, pengembangan dengan sebab akibat, dan pengembangan dengan klasifikasi definisi.

Selanjutnya, ia menambahkan, ada pengembangan dengan kronologi, pengembangan dengan ilustrasi, pengembangan dengan analogi, dan pengembangan dengan repetisi.

Usai kegiatan penyuluhan ini, kegiatan secara kesuluran ditutup secara resmi. Dalam penutupan, panitia memberi kesempatan terhadap seorang peserta menyampaikan pesan dan kesan atas penyelenggaraan kegiatan tersebut. [CR46-R1] 

Dibaca 94 kali

Tinggalkan Komentar

Yang bertanda bintang (*) wajib diisi. Kode HTML tidak diijinkan.