Kapolres Jayapura Hadiri Dialog Lintas Agama | Pasific Pos.com

| 27 May, 2018 |

Kapolres Jayapura AKBP Victor D. Mackbon, SH, S.Ik, MH, M.Si ketika memberikan sambutan pada kegiatan dialog lintas agama, Selasa (15/5/2018) Kapolres Jayapura AKBP Victor D. Mackbon, SH, S.Ik, MH, M.Si ketika memberikan sambutan pada kegiatan dialog lintas agama, Selasa (15/5/2018)

Kapolres Jayapura Hadiri Dialog Lintas Agama

Beri rating artikel ini
(0 voting)

SENTANI,- Kepala Kepolisian Resor Jayapura AKBP Victor D. Mackbon, SH, S.Ik, MH, M.Si menghadiri dialog lintas agama di Kabupaten Jayapura yang diselenggarakan diruang rapat Hotel Horex Sentani, Selasa (15/5/2018)


Turut hadir dalam kegiatan tersebut Kakamenag Kab. Jayapura Bapak Oktavianus Napo, Ketua FKUB Kab. Jayapura Pdt. Hosea Taudufu, S.Th, Ketua Klasis GKI Sentani Pdt. Tonny Wally S.Th, Ketua PHBI Kab. Jayapura Bapak Nurdin Sanmas, Sekertaris MUI Provinsi Papua Ustad Faizal Shaleh, Perwakilan Katholik Bapak Kosmas Jadi, Perwakilan Hindu Bapak Didik Widya Putra SE.,MM, Perwakilan Budha Ibu Sulastri dan 50 orang tamu undangan.


Kapolres Jayapura AKBP Victor D. Mackbon, SH, S.Ik, MH, M.Si dalam sambutannya menyampaikan sebagai zona integritas umat beragama, diharapkan bisa menjadi percontohan bagi kabupaten dan kota yang ada di Provinsi Papua, kerukunan menjadi simbol perdamaian seluruh umat di Kabupaten Jayapura sehingga kita juga berduka dengan adanya teror di Surabaya, sebagai pemeluk agama kita tidak saling memojokan itu dari agama mana.


Kapolres mengatakan, setiap agama mengajarkan kebaikan dan saling mengasihi, ontohnya Nabi Muhammad SAW yang menyuapi seorang pengemis buta yang tidak seagama dengan rasa kasih sayang, pada saat Nabi Muhammad meninggal pengemis buta itupun bisa membedakan siapa yang menyuapinya pada saat itu, karena yang menyuapi bukan Nabi Muhammad SAW.


"Dengan perbedaan agama semuanya jadi indah, untuk itu perbedaan yang ada di Kabupaten Jayapura menjadi modal utama sebagai pemersatu antar umat beragama, dalam waktu dekat umat muslim akan melaksanakan ibadah puasa dan Idul Fitri, sehingga kita selaku pemeluk agama lain, mari kita hormati umat muslim yang sedang menjalankan ibadah puasa dan selanjutnya merayakan Hari Raya Idul Fitri,"ucap Kapolres.


Selain itu, masyarakat Papua akan melaksanakan pesta demokrasi pemilihan Bupati dan Wakil Bupati serta Gubernur dan Wakil Gubernur 2018, maka gunakan hak pilih dengan sebaik mungkin dan pilihlah sesuai hati nurani siapa yang cocok memimpin Papua lima tahun kedepan. Imbau mantan Kapolres Mimika itu.


Sebagai aparat keamanan, kata Kapolres, pihaknya akan memberikan pelayanan 24 jam dalam memberikan rasa aman dan lancar selama ibadah puasa, lebaran dan pada saat pesta demokrasi tanggal 27 Juni 2018 mendatang. “kami juga akan bekerja sama dengan para tokoh agama, pemerintah daerah untuk memberikan kedamaian,” ujar Kapolres.


Dalam kesempatan yang sama, Kakamenag Kab. Jayapura Oktavianus Napo, S.Th menyampaikan bahwa Dialog Kerukunan Lintas Agama Kab. Jayapura mempunyai Visi yaitu mewujudkan masyarakat Kab. Jayapura yang taat beragama, rukun, cerdas, dan sejahtera lahir batin dalam rangka mewujudkan Indonesia yang berdaulat berkepribadian berlandaskan gotong royong.


Lanjutnya, sedangkan misi dalam kegiatan ini untuk meningkatkan pemahaman dan pengalaman ajaran agama, memantapkan kerukunan intra dan antar umat beragama, menyediakan kehidupan beragama yang merata dan berkualitas, meningkatkan pemanfaatan dan kualitas pengelolaan potensi ekonomi keagamaan, mewujudkan penyelenggaraan Ibadah Haji dan Umroh yang berkualitas, meningkatkan akses dan kualitas pendidikan umum berciri agama, pendidikan agama pada suatu pendidikan umum dan pendidikan. keagamanan serta mewujudkan tata kelola pemerintahan yang bersih, akuntabel dan terpercaya.


Dialog lintas agama di Kabupaten Jayapura tahun 2018 dilaksanakan guna menyikapi perkembangan situasi kamtibmas di luar Papua dan menjaga kerukunan antar umat beragama khususnya di kabupaten jayapura pasca terjadinya aksi teror bom bunuh diri yang terjadi di beberapa Gereja di Surabaya Jawa Timur."ucap Oktavianus Napo, S.Th.

Dibaca 31 kali

Tinggalkan Komentar

Yang bertanda bintang (*) wajib diisi. Kode HTML tidak diijinkan.