Kapolda : Pendatang Baru Wajib Lapor 1x24 Jam | Pasific Pos.com

| 27 May, 2018 |

Kapolda Papua, Irjen Pol Boy Rafli Amar. Kapolda Papua, Irjen Pol Boy Rafli Amar.

Kapolda : Pendatang Baru Wajib Lapor 1x24 Jam

Headline Penulis  Rabu, 16 Mei 2018 21:39 font size decrease font size increase font size 0
Beri rating artikel ini
(0 voting)

JAYAPURA,- Kapolda Papua, Irjen Pol Boy Rafli Amar mengungkapkan pihaknya akan membangun kerja sama dengan Pemerintahan untuk memperketat pendataan bagi pendatang baru, guna mengantisipasi hal-hal yang tidak diinginkan terjadi sejak dini.

“Kami akan berkoordinasi dengan pemda untuk menerapkan wajib lapor, bagi pendatang baru dalam kurun waktu 1x24 jam kapad RT,RW,” jelasnya.


Dirinya menuturkan wajib lapor yang dimaksud adalah untuk mendeteksi adanya potensi kerawanan atau tidak, yang dilakukan oleh orang yang baru datang, seperti halnya yang baru saja terjadi di Kabupaten Timika dimana ada dua pendatang baru yang diduga dari Jaringan teroris JAD, namun berhasil diamankan.


“Kita tidak tahu pendatang itu ada maksud tujuan yang baik atau tidak, tapi itulah sarana untuk mendata orang –orang asing yang ada di lingkungan kita , dan ini cukup penting dan ini bukan untuk menghabat kegiatan orang tersbeut melainkan mengantisipasi,” tuturnya.


Kapolda pun mengharapkan pemerintah malalui perangkat paling bawah seperti RT, RW dapat mensosialisasikan wajib lapor kepada seluruh warganya apabila ada pendatangan baru dengan tujuan sperti yang telah disampaikan tadi.


“RT,RW merupakan garda terdepan dari unsur pemerintahan, oleh karena itu RT, RW harus berperan aktif,” jelasnya.


Boy mengharapkan adanya kerja sama seluruh lapisan masyarakat apabila mendapatkan atau mencurigai pendatang baru yang memiliki aktifitas mencurigakan agar dapat melaporkan kepada pihak keamana terdekat untuk ditindaklanjuti.


“Menyikapi fenomena ini kita masyakat semua bersatu melawan gerakan radikal yang terjadi, kita kuatkan system keamanan lingkungan , kita kuatkan deteksi dan panca indara terhadap orang yang memiliki visi radikal dan kita bangun jejaring komunikasi sehingga cepat bisa mengambil antisipasi terkait rencana mereka yang bisa membahayakan banyak orang,” himbuhnya.

Dibaca 39 kali

Tinggalkan Komentar

Yang bertanda bintang (*) wajib diisi. Kode HTML tidak diijinkan.