PLN dan PT SDIC Lanjutkan Kontrak Kerjasama | Pasific Pos.com

| 18 October, 2018 |

PLN dan PT SDIC Lanjutkan Kontrak Kerjasama

Papua Barat Penulis  Sabtu, 05 Mei 2018 00:24 0
Beri rating artikel ini
(0 voting)

Sulisiyo Jamin Tidak Ada Pemadaman Lagi

 

Manokwari, TP – Cadangan listrik yang dimiliki PT PLN Area Manokwari untuk menjawab kebutuhan masyarakat diklaim mencukupi, dimana sebagian cadangan listrik diperoleh dari PT SDIC.

Manajer PLN Area Manokwari Sulisiyo mengatakan, kontrak kerjasama antara PLN wilayah Papua dan Papua Barat dengan PT SDIC terkait suplai listrik ke PLN Area Manokwari telah dilanjutkan.

Pasokan listrik dari PT SDIC ke PLN Area Manokwari memang sempat terputus, karena ada perbaikan travo yang rusak pada tanggal 23 sampai 30 Maret 2018.

“Jadi saat itu sudah off, tidak suplai lagi ke PLN,” kata Sulisiyo kepada wartawan di kantornya, Kamis (3/5).

Sulisiyo menerangkan, kontrak kerjasama terkait suplai listrik dari PT SDIC ke PLN Area Manokwari diperpanjang setiap tahun, tepatnya tanggl 31 Maret 2018.

“Tepat tanggal 31 Maret 2018 habis kontrak dan belum ada pembahasan lebih lanjut bagaimana perpanjangannya. Kemudian Awal bulan April sudah dilakukan pembahasan antara PLN wilayah Papua Barat dan Papua tetapi belum ada kesepakatan,” jelas Sulisiyo.

Selanjutnya kontrak kerjasama antara PLN dan PT SDIC baru disepakati tanggal 28 April 2018. “Tanggal 28 itu sudah disepakati kontrak kerjasama baru, tetapi secara rinci saya kurang tahu, karena disepakati oleh PLN wilayah Papua dan Papua Barat, namun semua mengacu pada Permen SDM yang berlaku,” ungkap Sulisiyo.

Setelah kontrak disepakati lanjut Sulisiyo pada tanggal 30 April 2018 suplai listrik dari PT SDIC ke PLN Area Manokwari kembali berjalan dengan daya 10-12 Mega Watt, sehingga devisa listrik di PLN Area Manokwari untuk masyarakat aman.

Sulisiyo menambahkan, selama pasokan listrik dari PT SDIC terhenti, pihaknya mengoperasikan Pembangkit Listrik Tenaga Mikro Hidro (PLTMH) Prafi dengan daya 1200 Kilo Watt atau 1,2 Mega Watt.

“Sehingga tanggal 29 April itu kita tidak devisit, pasukan listrik tetap ada walapun pas sekali atau press jadi tidak ada pemadaman malam,” jelas Sulisiyo.

Lanjut Sulisiyo, cadangan listrik di PLN Area Manokwari pada tanggal 30 April 2018 sampai sekarang surplus sekitar 6 MW. “Daya pembangkit per tadi malam tanggal 2 Mei 2018 , sebesar 27,5 MW, beban puncak 21,5 MW, sehingga surplus 6 MW, dan sudah tidak ada lagi pemadaman di Manokwari dan Prafi,” pungkas Sulisiyo. [SDR-R3] 

Dibaca 155 kali

Tinggalkan Komentar

Yang bertanda bintang (*) wajib diisi. Kode HTML tidak diijinkan.