PKK Kampung Diminta Buka Rekening Tabungan di Bank Papua | Pasific Pos.com

| 17 August, 2018 |

Ketua TP-PKK Kabupaten Jayapura, Ny. Magdalena L. Awoitauw, S.Pd. Ketua TP-PKK Kabupaten Jayapura, Ny. Magdalena L. Awoitauw, S.Pd.

PKK Kampung Diminta Buka Rekening Tabungan di Bank Papua

Kabupaten Jayapura Penulis  Minggu, 22 April 2018 22:26 font size decrease font size increase font size 0
Beri rating artikel ini
(0 voting)

Guna optimalkan bantuan dana operasional PKK dari dana ADK



SENTANI- Ketua Tim Penggerak Pemberdayaan Kesejahteraan Keluarga (TP-PKK) Kabupaten Jayapura, Ny. Magdalena Luturmas Awoitauw, S.Pd, meminta kepada seluruh TP-PKK yang ada di setiap kampung, untuk membuka rekening tabungan di Bank Papua guna mengoptimalisasi bantuan dana operasional PKK dari pemerintah kampung lewat dana Alokasi Dana Kampung (ADK).

Kita sarankan kepada PKK di setiap kampung untuk membuka rekening Bank Papua guna optimalisasi bantuan dana operasional PKK,"aku Ny. Magdalena  kepada wartawan dalam sebuah kesempatan belum lama ini, di Aula Lantai II Kantor Bupati Jayapura, Gunung Merah, Sentani, Kabupaten Jayapura.


Dengan membuka rekening tabungan di Bank Papua, kata Ny. Magdalena yang merupakan Istri dari Bupati Jayapura, Mathius Awoitauw menuturkan, maka setiap dana pembinaan PKK yang bersumber dari dana Alokasi Dana Kampung (ADK) itu dapat di transfer oleh Pemerintah Tingkat Kampung masuk ke dalam rekening PKK kemudian selanjutnya dapat digunakan untuk membiayai program.


Ia menyebutkan, sesuai dengan petunjuk pimpinan daerah dalam hal ini Bupati Jayapura, bahwa setiap pemerintah kampung di Kabupaten Jayapura dalam setiap tahunnya dapat menganggarkan dana pembinaan bagi PKK sebesar Rp 100 juta dengan pencairan dapat di sesuaikan dengan mekanisme keuangan pemerintah kampung.


Sebelum dana tersebut di salurkan maka diawali dengan monitoring yang di lakukan oleh pihak PKK Kabupaten Jayapura untuk mengetahui bahwa selama ini berapa jumlah dana yang di anggarkan oleh kampung untuk membiayai program kerja PKK, katanya.


Dengan demikian, pihaknya selaku pengurus TP-PKK Kabupaten Jayapura dapat mengetahui kampung-kampung mana saja yang serius memperhatikan PKK dan kampung-kampung mana saja yang tidak serius memperhatikan PKK.


Hal ini di lakukan bukan bertujuan untuk membanding-bandingkan pemerintah kampung. Tetapi lebih kepada kepastian pembangunan kampung secara merata termasuk membangun perempuan sebagai bagian yang tidak bisa terpisahkan dari keseluruhan pembangunan kampung.


Setelah kami melakukan monitoring, hasil monitoringnya kami laporkan kepada pemerintah daerah untuk kedepan bisa menjadi bahan dalam pengambilan kebijakan penganggaran bagi program kerja dari setiap PKK Kampung di daerah ini, tegasnya.


Menurutnya, dari pengakuan beberapa Ketua TP-PKK Kampung menyebutkan bahwa perhartian pemerintah kampung sangat kurang terhadap PKK. Dana yang dianggarkan setiap tahun dalam ADK, jumlahnya berkisar antara Rp 1 hingga Rp 15 juta.


Kami berharap agar Bupati Jayapura dapat menerapkan kebijakan dana PKK Rp 100 juta setiap kampung yang bersumber dari ADK. Supaya program-program PKK dapat di laksanakan dengan baik guna menghadirkan kesejahteraan bagi keluarga, tukasnya.

Dibaca 132 kali

Tinggalkan Komentar

Yang bertanda bintang (*) wajib diisi. Kode HTML tidak diijinkan.