Dewan Desak Pemkab Manokwari Segera Usulkan Revisi Perda Miras | Pasific Pos.com

| 17 August, 2018 |

Dewan Desak Pemkab Manokwari Segera Usulkan Revisi Perda Miras

Papua Barat Penulis  Selasa, 17 April 2018 22:37 0
Beri rating artikel ini
(0 voting)

Manokwari, TP – Anggota DPRD Kabupaten Manokwari, Yustinus Meidodga mendesak Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Manokwari menyiapkan draft rancangan peraturan daerah (raperda) larangan minuman keras (miras).

Meidodga mengatakan, raperda yang mengatur miras, sangat penting, karena belakangan ini, peredarannya semakin liar di Manokwari dan menjadi faktor terjadinya tindakan kejahatan di Kota Injil ini.

“Melihat kondisi daerah sekarang, peredaran miras yang saat ini meresahkan, perlu ada perda yang mengaturnya,” ujar Meidodga kepada para wartawan di Kantor DPRD Kabupaten Manokwari, Senin (16/4).

Dijelaskannya, Perda Nomor 5 Tahun 2006 sudah dibatalkan Kementerian Dalam Negeri, tetapi Pemkab Manokwari memiliki kewenangan untuk merevisinya, tetapi sampai sekarang tidak ada kabarnya.

“Pemda perlu mengajukan kembali raperda miras dengan memperhatikan aturan di atasnya yang lebih tinggi supaya adanya sinkronisasi,” katanya.

Anggota Komisi B DPRD Kabupaten Manokwari ini menjelaskan, pengajuan raperda disesuaikan dengan kebutuhan daerah, yang mana mengatur substansi raperda yang lebih spesifik, sehingga tidak bertentangan dengan peraturan di atasnya.

“Bisa diatur minuman jenis apa saja yang boleh dijual, termasuk tempat yang diperbolehkan. Saya khawatir jika tidak ada perda, maka miras juga bisa mengancam generasi muda kita, sehingga perlu ada tindakan dari pemda,” ujar Meidodga.

Ditambahkannya, apabila pemda tidak mengusulkan raperda tentang miras, maka pihaknya akan mengambil alih, sehingga menjadi inisiatif DPRD Kabupaten Manokwari, apalagi tingkat konsumsi miras telah menyasar anak di bawah umur. [SDR-R1] 

Dibaca 227 kali

Tinggalkan Komentar

Yang bertanda bintang (*) wajib diisi. Kode HTML tidak diijinkan.