BPS Gelar Sosialisasi Survei Disagregasi PMTB Kabupaten Jayapura | Pasific Pos.com

| 18 October, 2018 |

Bupati Jayapura, Mathius Aeoitauw, SE. M, Si saat membuka Sosialisasi Survei Disagregasi Pembentukan Modal Tetap Bruto (PMTB) di Grand Allison Hotel, Kota Sentani, Kabupaten Jayapura, Senin (16/4/18), dengan cara memukul tifa. Bupati Jayapura, Mathius Aeoitauw, SE. M, Si saat membuka Sosialisasi Survei Disagregasi Pembentukan Modal Tetap Bruto (PMTB) di Grand Allison Hotel, Kota Sentani, Kabupaten Jayapura, Senin (16/4/18), dengan cara memukul tifa.

BPS Gelar Sosialisasi Survei Disagregasi PMTB Kabupaten Jayapura

Kabupaten Jayapura Penulis  Senin, 16 April 2018 21:05 font size decrease font size increase font size 0
Beri rating artikel ini
(0 voting)

SENTANI - Badan Pusat Statistik (BPS) Kabupaten Jayapura melakukan Sosialisasi Survei Disagregasi Pembentukan Modal Tetap Bruto (PMTB) di Grand Allison Hotel, Kota Sentani, Kabupaten Jayapura.

Hasil program tersebut menjadi salah satu instrumen pendukung pencapaian pengembangan dunia usaha dan pariwisata melalui perbaikan iklim investasi serta lapangan kerja.


Bupati Jayapura, Mathius Awoitauw, SE, M.Si, yang hadir dan sekaligus membuka acara tersebut mengemukakan, pihaknya siap memberi dukungan dan juga siap membantu pelaksanaan survei disagregasi Pembentukan Modal Tetap Bruto (PMTB) ini kepada seluruh Kepala Dinas/Instansi, para pimpinan perusahaan, pengurus LNPRT dan rumah tangga.


Saya menyambut baik dan mendukung penuh pelaksanaan survei disagregasi PMTB kepada seluruh kepala-kepala dinas atau instansi, para pimpinan perusahaan, pengurus LNPRT dan rumah tangga, ujar Bupati Mathius dalam sambutannya pada saat pembukaan acara Sosialisasi Survei Disagregasi PMTB, Senin (16/4/18) pagi.


Untuk itu, dirinya menghimbau agar dapat membantu para petugas survei ini dengan cara semaksimal mungkin memberikan data yang diminta secara benar, lengkap dan sesuai dengan kondisi riil. Karena data yang anda berikan akan menentukan masa depan bangsa, terutama masa depan kita di daerah ini, imbuhnya.


Tentu saja, kata Bupati Mathius, survei disagregasi PMTB ini merupakan salah satu data strategis untuk mengidentifikasi dan melihat potensi investasi fisik yang dimiliki.


Apa saja investasi yang ada dalam perekonomian kita dan di institusi mana yang melakukan investasi fisik yang digunakan oleh lapangan usaha mana saja investasi tersebut. Dengan demikian, data disagregasi PMTB adalah bekal bagi pemerintah untuk pengembangan usaha dan pariwisata serta merumuskan kebijakan-kebijakan yang paling tepat, katanya.


Pihak pemerintah akan terus berupaya meningkatkan investasi agar daya saing usaha tinggi dan tenaga kerja dapat terserap dengan baik. Demikian juga dengan pengembangan pariwisata di Kabupaten Jayapura.


Menurut Bupati Mathius, pembangunan ekonomi merupakan salah satu bagian penting dalam penyelenggaraan pemerintahan. Maju mundurnya perekonomian menjadi gambaran naik turunnya kesejahteraan masyarakat. Maka indikator-indikator pembangunan ekonomi seperti pertumbuhan ekonomi, inflasi dan tingkat pengangguran jika ditelisik secara berkala. Dalam hal ini, peran dari BPS sebagai penyedia data menjadi hal penting, tuturnya.


Oleh karena itu, saya mengajak kepada kita semua untuk mendukung pelaksanaan survei disagregasi PMTB ini yang akan dilakukan secara serentak di seluruh Indonesa mulai bulan April 2018 hingga bulan Juni 2018, ajaknya.


Sementara itu, Kepala BPS Provinsi Papua, Simon Sapari, M.Sc, mengatakan, tahapan survei disagregasi PMTB ini diawali dengan kegiatan diskusi kelompok terarah untuk kemudian survei di lapangan.


Sesuai tugas pokok dan fungsi, BPS berkewajiban untuk menyediakan data bagi pemerintah, dunia usaha dan masyarakat. Data didapat melalui kegiatan sensus, survei, kompilasi produk administrasi, dan juga cara lain sesuai perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi (Iptek), katanya.


Sekedar diketahui, acara sosialisasi survei disagregasi PMTB ini juga dihadiri Sekda Kabupaten Jayapura, Drs. Yerry F. Dien, M.Si, Asisten I Bidang Pemerintahan Umum Setda Kabupaten Jayapura Abdul Rahman Basri, S.Sos, M.KP, Kepala BPS Kabupaten Jayapura Jeffrey De Fretes serta Wakapolres Jayapura Kompol Iip Syarif Hidayat dan sejumlah Kepala OPD di lingkup Pemkab Jayapura.

Dibaca 215 kali

Tinggalkan Komentar

Yang bertanda bintang (*) wajib diisi. Kode HTML tidak diijinkan.