Penen Padi di Kota Jayapura Minggu Ketiga April 2018 | Pasific Pos.com

| 22 February, 2019 |

Kepala Dinas Ketahanan Pangan dan Pertanian Kota Jayapura, Jean Hendrik Rollo. Kepala Dinas Ketahanan Pangan dan Pertanian Kota Jayapura, Jean Hendrik Rollo.

Penen Padi di Kota Jayapura Minggu Ketiga April 2018

Kota Jayapura Penulis  Rabu, 04 April 2018 21:38 0
Beri rating artikel ini
(0 voting)

 

JAYAPURA, - Dinas Ketahanan Pangan dan Pertanian Kota Jayapura akan melakukan penen padi di minggu ketiga April 2018.

Padi ini ditanam dari Januari dengan luas lahan 550 hektar di Koya, Distrik Muara Tami, Kota Jayapura, Papua.


Dalam pelaksanaanya, Dinas setempat menggunakan demonstrasi combain handvester atau menggunakan alat panen mesin, sebelumnya dilakukan secara manual.


Panen padi menggunakan mesin dengan tujuan untuk melihat hasil penen, sehingga selanjutnya dapat diketahui hasilnya pada penen berikutnya.


"Target padi IP300 direncanakan seperempat atau 50 hektar dari luas lahan 550 hektar. Jadi, habis panen April, Mei langsung masuk proses olah tanam," kata Kepala Dinas Ketahanan Pangan dna Pertanian Kota Jayapura, Jean Hendrik Rollo di Kantor Wali Kota Jayapura, Rabu (4/4/18).


Jean memastikan saat penen tidak terjadi kendala meski dalam musim penghujan, karena petani sudah disarankan menyiapkan bibit.


Selain itu, ketersediaan air di irigasi dan serangan hama penyakit bila tanam dalam jangka pendek tidak menjadi kendala, karena 2018 untuk penan padi di Kota Jayapura menggunakan sistem full mekanisaasi.


"Ketika panen curah hujan masih tinggi, dikhawatirkan pada bibit saja. Maka dipanen saat intensitas hujan tidak terlalu sehingag bisa dikeringkan alat pengering atau driyer.

Dibaca 415 kali

Tinggalkan Komentar

Yang bertanda bintang (*) wajib diisi. Kode HTML tidak diijinkan.