Penularan Penyakit TBC Diakui Sulit Dikendalikan | Pasific Pos.com

| 21 November, 2019 |

Penularan Penyakit TBC Diakui Sulit Dikendalikan

Papua Barat Penulis  Senin, 02 April 2018 13:57 0
Beri rating artikel ini
(0 voting)

Manokwari, TP – Penularan penyakit Tubercolosis (TBC) yang semakin meluas di masyarakat, ternyata sulit dikendalikan Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Fakfak.

Plt. Kepala Dinkes Kabupaten Fakfak, Gondo Suprapto membenarkan jika penularan TBC sulit dikendalikan, karena masyarakat belum sadar dan belum memahami akan kebersihan lingkungan serta manfaatnya terhadap kesehatan.


“Perilaku hidup bersih dan sehat ini kan harus kita jaga, karena jika tidak, dapat menjadi akar dari timbulnya TBC dan penyakit lain,” kata Suprapto kepada Tabura Pos di Fakfak, belum lama ini.


Menurutnya, pada 2018 ini, tercatat ada 20 kasua baru TBC di Kabupaten Fakfak, dimana kemungkinan angkanya terus meningkat jika masyarakat tidak mengubah pola hidup dan perilaku hidup bersih dan sehat.


Meski demikian, dia mengaku jika pihaknya terus melakukan upaya pencegahan diri terhadap TBC, baik di tingkat puskesmas atau rumah sakit dengan mendatangi permukiman masyarakat.


Selain itu, ia meminta masyarakat menjaga kebersihan diri dan lingkungan sekitar supaya tidak mudah terserang TBC yang merupakan penyakit menular.


“Kalau yang sudah sakit, segera ke puskesmas terdekat untuk berobat. Jangan lupa meminum obat secara teratur, karena hanya itu satu-satunya cara mencegah penyebaran Tubercolosis,” pungkas Suprapto. [BOM-R1] 

Dibaca 611 kali

Tinggalkan Komentar

Yang bertanda bintang (*) wajib diisi. Kode HTML tidak diijinkan.