Kopi Papua Diwajibkan Tersedia di Kafe | Pasific Pos.com

| 18 October, 2018 |

Pjs Gubernur Papua Soedarmo bersama pimpinan Forkompinda ngopi bersama di kafe Humbold Entrop Jayapura, beberapa waktu lalu. Pjs Gubernur Papua Soedarmo bersama pimpinan Forkompinda ngopi bersama di kafe Humbold Entrop Jayapura, beberapa waktu lalu.

Kopi Papua Diwajibkan Tersedia di Kafe

Ekonomi & Bisnis Penulis  Senin, 26 Maret 2018 20:15 0
Beri rating artikel ini
(0 voting)

Jayapura, Pemerintah Provinsi Papua mewajibkan kafe dan kedai yang ada di wilayahnya untuk menyediakan kopi asli Papua.

Penegasan itu sebagaimana disampaikan Kepala Dinas Perkebunan Papua, Jhon Nahumury ketika dikonfirmasi, Senin (26/3/18).


Kadis Nahumury mengaskan promosi kopi asli Papua harus dilakukan semua pihak tanpa terkecuali, karena dari segi kualitas kopi Papua jauh lebih enak.
"Selain melibatkan dinas terkait, kami juga minta setiap pemilik kafe bisa terus promosikan kopi Papua kepada setiap pengunjung," kata.


Pihaknya dalam waktu dekat akan melakukan indikasi geografis yang menandakan, kopi-kopi yang ada di Papua sesuai daerah dan tidak ada di tempat lain.


"Jika ini sudah dilakukan, maka setiap petani kopi sudah harus bekerjas sesuai SOP, sehingga kopi Papua tetap terjaga kualitasnya," ujarnya.


Katanya lagi, segi kualitas kopi Papua tidak diragukan lagi, namun semua itu ada kaitannya dengan bagaimana cara penanganan waktu panen dan pasca panen.
Untuk itu, pihaknya terus dorong dengan melakukan pendampingan dan mengajarkan cara bercocok tanam yang baik, agar harga yang diberikan sesuai dengan kualitas kopi yang dihasilkan.


"Kita mantapkan kelembagaan supaya sama-sama berunding untuk menetapkan harga kopi sesuai kualitas. Jadi petani tidak jelan sendiri-sendiri. Apalagi kopi Papua bisa dijual dengan harga 50-60 bahkan 100 ribu per kilo," kata dia.


"Semua tergantung dari kualitas dan kesepakatan dalam kelembagaan. Saya harap jangan sampai kopi yang bagus dibeli dengan harga yang rendah, itu tidak boleh," sambungnya.

Dibaca 386 kali

Tinggalkan Komentar

Yang bertanda bintang (*) wajib diisi. Kode HTML tidak diijinkan.