Produktifitas Diharapkan Lebih Meningkat | Pasific Pos.com

| 20 June, 2018 |

Gedung Kantor PT.Pelindo IV (Persero) Cabang Merauke (foto:iis) Gedung Kantor PT.Pelindo IV (Persero) Cabang Merauke (foto:iis)

Produktifitas Diharapkan Lebih Meningkat

Papua Selatan Penulis  Selasa, 20 Maret 2018 22:41 0
Beri rating artikel ini
(0 voting)

MERAUKE,ARAFURA,-General Manager PT.Pelindo IV (Persero) Cabang Merauke, Muh.Azub Rizal mengharapkan dengan adanya alat baru di dermaga maka produktifitas akan lebih meningkat. Berdasarkan perhitungan tahun-tahun sebelumnya, produktifitas rata-rata aktifitas bongkar muat di pelabuhan Merauke sekitar 6-8 box/jam. Target pihaknya minimal 16 namun tetap membutuhkan waktu. Oleh sebab itu ketika diadakan pertemuan dengan TKBM dan stake holder yang lain beberapa waktu lalu, pihaknya sudah menyampaikan bahwa ada masa trail selama 3 bulan.

Sebenarnya Bulan Maret ini adalah masa trail operasi sedangkan April sampai Juni masa uji coba untuk produktifitas. “Target kami seharusnya di Bulan Juli operator sudah mampu mengoperasikan ya, minimal 16. Namun kita tetap evaluasi apakah ada kemampuan karena tetap saja butuh penyesuaian,”ujar Muh.Azub kepada ARAFURA News di ruang kerjanya, Rabu (14/3) lalu. Pihaknya meyakini bahwa upaya tersebut bisa berjalan karena pihaknya sudah melihat ada pelabuhan yang menggunakan alat sejenis di Gorontalo dengan jumlah rata-rata bisa 18 sampai 20 untuk satu unit saja.

 

Jadi peningkatan produktifitas benar-benar diharapkan apalagi bongkar muat di pelabuhan sudah satu sistem, tidak bisa bekerja sendiri. Lebih lanjut ia menjelaskan bahwa saat ini keterbatasan di lapangan adalah soal lahan sehingga container tidak bisa keluar. Padahal di tempat lain, container hanya singgah beberapa hari lalu dibawa keluar oleh pemilik barang. Nantinya ketika sudah di luar dermaga tentunya terserah dari pemilik akan ditumpuk berapa lama. Namun diakui untuk wilayah Merauke belum bisa seperti itu karena daya dukung jalan tidak mencukupi untuk beban container serta tidak adanya depot penampungan. Akibatnya saat aktifitas berlangsung di lapangan, kapasitas yang ada menjadi terbatas. Sebab barang dikeluarkan maupun diisi dari container dengan menggunakan truk.

Dibaca 84 kali

Tinggalkan Komentar

Yang bertanda bintang (*) wajib diisi. Kode HTML tidak diijinkan.

Trending Topik